Jenis-Jenis Platform dalam Dunia Komputer


Secara sederhana, platform adalah komponen yang penting untuk mengembangkan serta menjalankan perangkat lunak. Platform mempunyai dua fungsi utama yakni sebagai rencana kerja dan juga sebagai media untuk menjalankan software atau aplikasi. Berikut adalah beberapa contoh dari platform:

1. Platform Digital
Platform digital adalah sekumpulan aplikasi (software) yang berjalan secara digital. Contoh platform digital yang paling mudah ditemukan saat ini seperti Youtube, dan beberapa marketplace online seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

Youtube merupakan platform digital berbagi video yang bisa dinikmati oleh banyak user. Sedangkan marketplace merupakan situs jual beli online yang menawarkan segudang barang dan jasa. Beragam fitur canggih membuktikan bahwa platform digital di era ini semakin berkembang.

2. Platform Seluler
Sedangkan salah satu contoh platform seluler yang mudah ditemukan saat ini adalah android. Android merupakan platform yang banyak digunakan sebagai sistem operasi untuk perangkat smartphone dan smartwatch. Hal ini dikarenakan android dapat menyeseuaikan dengan banyak aplikasi dan membuat kinerja maksimal.

3. Platform Game
Platform game merupakan jenis platform yang secara khusus menyajikan permainan canggih untuk para user di seluruh dunia. Di era yang serba digital ini, game yang disajikan sudah bisa dijalankan secara online ke seluruh penjuru negara. Contoh platform game yang paling familiar adalah Play Station (PS) Xbox, dan Nitendo Wii, dan masih banyak lainnya.

4. Platform Media Sosial
Platform media sosial ini merupakan salah satu jenis platform yang sedang hits di seluruh dunia. Beberapa contohnya ialah twitter dan facebook. Sedangkan untuk sosial media yang berbasis video terdapat tiktok, snack video dan untuk yang berbasis foto saat ini adalah Instagram.

5. Platform Website
Platform website adalah sebuah platform yang berfungsi untuk membuat dan mengembangkan website. Umumnya platform yang paling sering digunakan adalah Blogspot, Wordpress, dan juga Drupal. Sedangkan untuk platform website yang khusus untuk kebutuhan pendidikan yang sering digunakan ialah Lokomedia.

6. Platform Browser
Browser merupakan alat perambah yang berjalan di smartphone maupun komputer. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam membantu user untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan.

7. Platform Perangkat Elektronik
Contoh platform bisa dengan mudah ditemukan pada perangkat elektronik di rumah, misalnya: DVD player, Televisi Digital, Telepon, Smartphone, Laptop, dll. Beberapa platform tersebut merupakan contoh untuk perangkat keras atau hardware.

Platform merupakan unsur penting yang menjadi dasar berjalannya software dan hardware. Seperti telah dijelaskan pada bagian awal artikel ini, bahwa arti platform secara sederhana adalah sebuah renca kerja. Karena itu, tanpa sebuah rencana kerja maka perangkat teknologi tidak akan bekerja dengan maksimal.

0 Response to "Jenis-Jenis Platform dalam Dunia Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel