Gerhana Bulan (Super Blood Moon) akan Terlihat dari Seluruh Indonesia, Niat Shalat Gerhana Bulan


Super Blood Moon akan Terlihat dari Seluruh Indonesia

Gerhana Bulan Total (GBT) Super Blood Moon akan terjadi pada hari Rabu 26 Mei 2021 atau bertepatan dengan Hari Raya Waisak. Jika cuaca cerah masyarakat dapat menyaksikan gerhana secara langsung dari seluruh Indonesia.

Fase awal gerhana bulan mulai di Indonesia bagian barat pukul 15.46 WIB. Kemudian fase gerhana bulan sebagian mulai pukul 16.44 WIB. Dan fase gerhana bulan total mulai masuk pukul 18.09 WIB.

Puncak gerhana bulan akan terjadi pukul 18.18 WIB. Gerhana bulan total berakhir pukul 18.28 WIB. gerhana bulan sebagian berakhir pukul 19.52 WIB. Dan gerhana bulan berakhir pukul 20.51 WIB, dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Seluruh proses gerhana, sejak fase awal hingga fase akhir akan berlangsung selama 5 jam 5 menit dan 2 detik. Sedangkan proses gerhana totalnya, sejak awal fase total, puncak total hingga akhir fase total akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.


Melaksanakan Shalat Gerhana Bulan

Umat Islam disunahkan untuk menyelenggarakan shalat gerhana, shalat gerhana dalam istilah Rasulullah Saw. disebut shalat Khusuf kalau (gerhana bulan) dan Kusuf kalau (gerhana matahari).

"Dari Aisyah ra, ia berkata, Telah terjadi Gerhana matahari pada zaman Rasulullah Saw. lalu Nabi mengutus seorang munadi (penyeru) agar meneriakkan: "As-shalatu jami'ah" (shalat berjama'ah) lalu beliau shalat empat kali ruku pada dua raka'at, dan empat kali sujud." (Bukhari dan Muslim)

Shalat gerhana terbilang shalat yang istimewa karena memiliki beberapa perbedaan dengan cara shalat-shalat sunnat lainnya. Kaifiyar (tatacara) shalat gerhana sebagai berikut:


1. Shalat gerhana dilakukan berjama'ah.
2. Shalat gerhana dilakukan dengan bacaan jahar, baik dilakukan siang maupun malam hari.
3. Shalat gerhana dikakukan dua raka'at, tetapi dengan empat kali ruku, empat kali membaca al-Fatihah, empat kali membaca surat, dan empat kali sujud.

Niat Sholat gerhana bulan:
- Jika bertindak sebagai imam

Usholli sunnatal khusuufi rok'ataini imaaman lillahi ta'alaalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

- Jika sebagai ma'mum

Usholli sunnatal khusuufi rok'ataini ma'muuman lillahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah ta'ala."

- Jika melaksanakan sendiri

Ushalli sunnatal khusuufi raok'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat karena Allah ta'aalaa."




0 Response to "Gerhana Bulan (Super Blood Moon) akan Terlihat dari Seluruh Indonesia, Niat Shalat Gerhana Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel