Area Kerja Software Adobe Premiere

Tampilan keseluruhan area kerja harus dipahami sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Walau terlihat kompleks, software Adobe Premiere memiliki area kerja yang dapat digolongkan menjadi empat bagian utama, yaitu Project Window, Monitor Window, Timeline Window, dan Tools Window.



1. Project Window
Project Window merupakan wadah atau tempat mengumpulkan dan menyimpan clip/footage berupa file yang berisi gambar, video, dan audio yang akan diedit serta teks yang akan dibuat dalam proses pengeditan selanjutnya.

Pada Project Window, selain Tab Project adakalanya dalam pengaturan dasar terdapat pula Tab Effect. Tab Effect adalah sebuah Tab yang berisi beberapa efek yang dapat digunakan untuk video, audio, dan transisi.

2. Monitor Window
Monitor Window biasanya terbagi dalam Source Monitor dan Squence Monitor. Posisi yang lazim, yaitu pada sebelah kiri adalah Source Monitor Window, sedangkan pada sebelah kanan adalah Sequence Monitor Window. Fungsi dari Source Monitor adalah memotong bagian tertentu dari sebuah clip untuk selanjutnya digunakan dalam timeline. Sementara itu, Sequence Monitor berfungsi memperlihatkan atau menampilkan hasil editing yang dilakukan pada Timeline Window.

3. Timeline Window
Timeline Window adalah sebuah wadah atau tempat untuk melakukan penempatan dan penyusunan clip/footage baik gambar, video, maupun audio untuk kemudian dilakukan penyuntingan atau pengeditan. Format waktu untuk penyusunan clip/footage pada software Adobe Premiere menggunakan format SMPTE (Society of Motion Picture and Television Engineers), yaitu organisasi insan perfilman dan pertelevisian internasional.

Format SMPTE menggunakan satuan waktu jam:menit:detik:frame. Contohnya 00:13:23:33 maka format tersebut dapat dibaca menit ke-13, detik ke-23, dan frame ke-33. Dengan menggunakan format ini, kita akan lebih mudah mengetahui posisi yang sedang ditampilkan.

4. Tools Window
Tools Window merupakan jendela yang berisikan peranti atau peralatan yang dapat kita gunakan dalam proses pengeditan. Peranti Tools dalam software Adobe Premiere antara lain Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tool, Rolling Edit Tool, Rate Stretch Tool, Razor Tool, Slip Tool,Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, dan Zoom Tool.

0 Response to "Area Kerja Software Adobe Premiere"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel