Ilmu Komunikasi, Cara Meningkatkan Pendengar Radio


Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Saat ini radio dapat didengarkan melalui ponsel pintar, berbeda halnya sebelum abad ke-20, ketika konsep nirkabel masih dianggap kisah fiksi semata.

Awalnya sinyal pada siaran radio ditransmisikan melalui gelombang data yang kontinu baik melalui modulasi amplitude (AM), maupun modulasi frekuensi (FM). Metode pengiriman sinyal seperti ini disebut analog. Selanjutnya, seiring perkembangan teknologi ditemukanlah internet, dan sinyal digital yang kemudian mengubah cara transmisi sinyal radio.

Sementara itu radio saat ini, telah menjadi media yang populer untuk menghibur orang dan menyediakan berita serta menarik sejumlah pendengar radio. Namun, kesuksesan radio tidak hanya bergantung pada jenis konten yang disiarkan, akan tetapi juga pada jumlah pendengar radio mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pendengar radio:
1. Siaran radio harus menyajikan atau mengandung informasi yang fresh, relevan, kreatif dan menarik.
2. Memberikan musik-musik hits dan populer, berita terkini dan isu-isu yang sedang beredar karena dengan mendengarkan radio bisa menjadi pilihan utama untuk menghilangkan penat saat berkendara.
3. Menyediakan program khusus dan acara tematik yang menargetkan segmen audiens tertentu dapat membantu meningkatkan minat dan keterlibatan pendengar.
4. Memanfaatkan teknologi terkini dalam siaran radio, seperti streaming secara online dan podcast dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas.
5. Melakukan promosi di berbagai platform seperti media sosial dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang penyiaran radio dan menarik pendengar baru.

Kehadiran radio sebagai media informasi, pendidikan, dan hiburan yang sehat menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Kita ambil contoh salah satu radio yang ada di Kabupaten Kendal, yaitu radio Citra yang telah menjadi bagian dan sejarah dunia broadcast di wilayah tersebut.

Radio Citra memiliki berbagai strategi untuk meningkatkan minat pendengar, misalnya strategi program acara. Dalam strategi ini ada tiga unggulan program acara yang menarik dan berbeda dari radio-radio yang lain. Misalnya pada program dangdut ceria yang memberikan lagu-lagu terbaru dan terkini tentang dunia dangdut. Hal tersebut dilakukan karena mayoritas masyarakat Kendal yang menyukai lagu-lagu bergenre dangdut. Sedangkan lagu-lagu terbaru dan klasik dikemas mengikuti rundown acara sesuai dengan kebutuhan dari pendengar.

Untuk meningkatkan minat pendengar, radio Citra juga menayangkan acara siaran di sosial media online facebook. Seiring dengan majunya teknologi radio Citra menggunakan medis sosial online facebook, strategi ini memiliki konsep dengan membuat story di halaman beranda dan dibagikan kepada publik, sehingga pesan yang masuk melalui messenger, komentar maupun via telephone di facebook dapat diterima dan disesuaikan oleh penyiar dengan pendengar. Hal tersebut juga berkaitan dengan teori programming yaitu kesesuaian, dimana penyiar menyesuaikan kebutuhan dari seorang pendengar dengan memenuhi permintaan.

0 Response to "Ilmu Komunikasi, Cara Meningkatkan Pendengar Radio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel