Digital Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya


Digital Marketing (Pemasaran Digital) adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek, produk, atau jasa yang dilakukan menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Digital marketing menurut Rob Thompson dan Trendjackers ialah penggunaan teknologi digital serta perangkat yang di dukung oleh koneksi internet untuk mencapai target pemasaran. Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari dan saluran serupa lainnya sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Jadi, dapat di ambil sebuah kesimpulan bahwa digital marketing sebagai kegiatan pemasaran yang kemudian melibatkan penggunaan jaringan serta teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Digital marketing melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka. Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, digital marketing di klaim lebih banyak memiliki manfaat. Digital marketing umumnya lebih menghemat biaya secara keseluruhan. Jika metode ini dijalankan dengan baik dan brand serta followers sudah terbangun, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit.

Berikut adalah definisi digital marketing menurut para ahli:
- Dave Chaffey (2011), pemasaran digital adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari pemasaran. Dalam mencapai tujuannya, pemasaran akan dibantu oleh teknologi digital.
- Heidrick & Struggles (2009), pemasaran digital adalah sebuah hal yang menggunakan dunia digital dalam melakukan periklanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut memang tidak menggembor-gemborkan secara langsung, namun hal tersebut tetap memiliki efek yang sangat berpengaruh.
- Josua Tarigan & Ridwan Sanjaya (2009), digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang termasuk branding.
- Kleindl & Burrow (2005), digital marketing adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan. Proses tersebut berasal dari ide, konsep, harga, promosi hingga distribusinya.
- Saputra et al (2020), digital marketing adalah kombinasi seluruh aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet.

Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi kecerdasan buatan yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya. Beberapa kelebihan pemasaran digital adalah sebagai berikut:
1. Berbasis data; digital marketing memungkinkan pemasar untuk melihat hasil yang akurat dalam waktu sebenarnya (real time). Digital marketing akan membantu untuk mengetahui jangkauan produk/layanan yang sedang dipromosikan.
2. Lebih efisien; pemasaran digital memiliki biaya yang lumayan rendah dan mendapatkan jangkauan pasar yang lebih besar tanpa harus membuang banyak waktu untuk melakukan promosi secara langsung.
3. Lebih luas; digital marketing memungkinkan pemasar tidak hanya memasarkan produk dalam ruang lingkup lokal, tetapi juga bermain di tingkat nasional bahkan internasional karena menggunakan media internet.
4. Lebih mudah dievaluasi; digital marketing memungkinkan hasil dapat langsung diketahui, untuk dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk sehingga bisa diperbaiki untuk periode berikutnya.
5. Lebih murah, digital marketing memberi solusi hemat biaya bagi bisnis, lokal maupun internasional. Ini memungkinkan bahkan perusahaan terkecil untuk bersaing dengan perusahaan besar menggunakan strategi yang sangat bertarget. Sebagian besar strategi dalam digital marketing bahkan tidak memerlukan biaya untuk memulai seperti SEO, media sosial, dan pemasaran konten.

Dengan segala kelebihannya, digital marketing juga memiliki berbagai kekurangan, diantaranya:
1. Kompetisi tinggi, digital marketing harus dipikirkan secara matang, harus menonjol, menarik perhatian dan menciptakan dampak pada audiens tujuan karena persaingan yang terus berkembang. Setiap pendekatan monoton atau metode berulang akan mendorong merek atau produk terpental dari persaingan dalam waktu singkat.
2. Ketergantungan pada teknologi, digital marketing murni berbasis teknologi dan internet rawan kesalahan. Ada kalanya tautan mungkin tidak berfungsi, halaman arahan mungkin tidak dimuat, dan tombol halaman tidak melakukan tugasnya.
3. Masalah keamanan dan privasi, keamanan adalah syarat utama untuk merek atau produk apapun, oleh karena itu perlindungan situs web adalah sesuatu yang harus dilakukan secara serius.
4. Memakan waktu, pengoptimalan iklan online dan membuat konten pemasaran seringkali memakan banyak waktu. Jadi penting untuk mengukur hasil dalam rangka memastikan pengembalian investasi.
5. Pengaruh umpan balik, umpan balik atau kritik negatif apapun terhadap sebuah merek atau produk dapat dilihat oleh semua orang melalui media sosial dan situs web ulasan.

0 Response to "Digital Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel