Modul Multimedia. TPAV XII. Jenis-jenis Pergerakan Kamera


Jenis-jenis Pergerakan Kamera

Pergerakan kamera terdiri atas beberapa jenis, yaitu panning, tilting, tracking, zooming, crab, level, dolly, dan follow.

1. Panning
Panning adalah pergerakan kamera secara horizontal, baik ke arah kiri maupun ke kanan dengan atau tanpa tripod. Poros pergerakan panning ini berada pada bagian pergelangan tangan jika kamera berada dalam genggaman seorang cameraman. Selain itu, pergerakan poros juga dapat dilakukan pada bagian pinggang jika kamera berada di pundak cameraman. Namun, jika menggunakan tripod, poros pergerakan panning akan berada pada bagian kepala tripod yang dapat bergerak.

Terdapa dua istilah dalam panning yang perlu diketahui, yaitu:
- Pan left adalah pergerakan kamera secara horizontal ke arah kiri.
- Pan right adalah pergerakan kamera secara horizontal ke arah kanan.


2. Tilting
Tilting adalah pergerakan kamera secara vertical, baik ke atas maupun ke bawah dengan atau tanpa tripod. Terdapat dua istilah dalam tilting yang perlu diketahui, yaitu:
- Tilt up adalah pergerakan kamera secara vertical ke atas.
- Tilt down adalah pergerakan kamera secara vertical ke bawah.

3. Tracking
Tracking adalah pergerakan kamera yang mendekati atau menjauhi objek tertentu dengan atau tanpa tripod. Objek pada gambar tersebut adalah objek yang diam dan tidak berpindah-pindah. Terdapat dua istilah dalam tracking, yaitu:
- Track in adalah mendekati objek.
- Track out adalah menjauhi objek.

4. Zooming
Zooming adalah pergerakan kamera yang secara fisik sesungguhnya dalam keadaan diam tidak berpindah. Namun, pergerakan kamera dilakukan dengan menggunakan tombol zooming yang ada pada kamera sehingga lensa bergerak mendekati atau menjauhi objek. Terdapat dua istilah zooming, yaitu:
- Zoom in adalah pergerakan lensa mendekati objek.
- Zoom out adalah pergerakan lensa menjauhi objek.

5. Crab
Crab adalah pergerakan camera dengan cara menggeser ke kiri maupun ke kanan. Kata crab diambil dari bahasa Inggris yang berarti kepiting. Pergerakan kamera menyerupai jalannya seekor kepiting yang bergerak menyamping. Terdapat dua istilah dalam crab, yaitu:
- Crab left adalah pergerakan kamera bergeser ke arah kiri.
- Crab right adalah pergerakan kamera bergeser ke arah kanan.

6. Level
Sama seperti crab, tetapi level adalah menggerakkan kamera yang dilakukan dengan cara menggeser kamera ke arah atas maupun ke bawah. Terdapat dua istilah yang perlu diketahui dalam pergerakan level, yaitu:
- Level up adalah pergerakan kamera bergeser ke atas.
- Level down adalah pergerakan kamera bergeser ke bawah.

7. Dolly
Dolly adalah pergerakan kamera yang dilakukan menggunakan beberapa alat yang membuatnya bergerak, seperti kereta dorong ataupun tripod yang pada bagian kaki-kakinya terdapat roda. Terdapat dua istilah yang perlu diketahui dalam pergerakan kamera menggunakan dolly adalah sebagai berikut.
- Dolly in adalah pergerakan kamera mendekati objek dengan menggunakan dolly.
- Dolly out adalah pergerakan kamera menjauhi objek dengan menggunakan dolly.

8. Follow
Follow merupakan sebuah gerakan kamera yang dilakukan dengan mengikuti dan searah dengan gerakan objek. Untuk melakukan gerakan follow ini, kadang seorang cameraman menggunakan alat bantu yang disebut steadycam. Alat ini membantu cameraman agar kamera tetap stabil walaupun bergerak dan berjalan mengikuti objek bidikannya.

0 Response to "Modul Multimedia. TPAV XII. Jenis-jenis Pergerakan Kamera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel