Modul PKK Multimedia XI. Langkah Pembuatan Gambar Kerja


Gambar Kerja merupakan gambar yang digunakan sebagai acuan untuk dilaksanakan atau dikerjakan di lapangan. Gambar ini harus dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dimengerti di dalam pelaksanaan pekerjaannya, biasanya disebut dengan shopdrawing. Gambar kerja merupakan penyempurnaan dari gambar desain yang telah ada dan disesuaikan dengan kondisi keadaan existin. Konsep Abstrak dalam pikiran seorang perancang untuk membuat sebuah bahan teknik dituangkan ke dalam bentuk gambar (biasanya berupa sketsa). Kemudian gambar dan dianalisis secara terus menerus sehingga diperoleh yang sempurna.

Kerja seorang perancang diawali dengan pembuatan sketsa. Gambar kasar tersebut kemudian dianalisa sehingga dapat ditentukan dari bahan apa komponen tersebut harus dibuat dan bagaimana metode pembuatannya. Desainer juga harus memberikan rincian banyaknya elemen yang harus dibuat dan cara perakitannya. Data dari hasil analisa digunakan untuk memperbaiki sketsa menjadi gambar rancangan, yang memuat keterangan-keterangan dengan detail . Sebagai hasil akhir dari kerja rancangan adalah gambar kerja.

Dalam pembuatan gambar kerja, seorang perancang dibantu oleh juru gambar (drafter) yang bertugas menyajikan keterangan-keterangan pada gambar secara ringkas namun mencukup seluruh gagasan perancang. Seorang juru gambar harus selalu berkonsultasi dengan perancang atau perencana proses saat menyajikan keterangan-keterangan pada gambar.

Operator bertugas mewujudkan gambar menjadi benda nyata. Seorang operator dituntut memiliki kemampuan mengoperasikan mesin, ia juga harus bisa atau mengetahui aturan-aturan gambar menurut standarisasi. Seorang wirausaha harus mampu membuat sebuah gambar kerja berupa desain produk yang dibuat sehingga mampu langsung dibuat sesuai dengan harapan wirausaha. 

Dalam membuat gambar kerja sebuah produk, seorang wirausaha harus memperhatikan beberapa hal berikut:
a) Keamanan produk tersebut
b) Ergonomis dari produk tersebut
c) Kemudahan dalam penggunaannya
d) Kepraktisan saat digunakan dimana saja
e) Bahan baku yang dibuat
f) Model atau bentuk yang sesuai massanya

Langkah-langkah wirausahawan dalam membuat gambar kerja menjadi produk nyata, diantaranya:
a) Mencari ide produk atau gagasan produk yang sesuai dengan pasar
b) Menetapkan ide atau gagasan
c) Membuat gambar produk
d) Membuat prototype produk bisa dari tanah liat atau bahan lunak lainnya
e) Menganalisanya mengenai contoh produk tersebut
f) Evaluasi jika ada kekurangannya

1 Response to "Modul PKK Multimedia XI. Langkah Pembuatan Gambar Kerja"

  1. There are extra CNC processes in improvement that they hope to share with common public} within the close to future. However, don’t let talk of CNC-made objects lead you to imagine these instruments aren’t hand-made. There are endless amounts of processes accomplished by hand, from sanding to finish work, setups, and a lot extra. ShopBot CNC supplies Toilet Bowl Cleaner a way to produce quantity of} precisely routed elements to speed up certain features of manufacturing that might usually take much longer longer} by hand. While the CNC machine is chopping, rest-assured, hand-work is being performed elsewhere in the shop. Continuous 5-axis CNC machining provides improved surface finish, speed, and dimensional stability, but it has the best cost-per-part.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel