Pengertian Manajemen Komunikasi

Konsep Dasar Manajemen
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Alasan pentingnya manajemen, yaitu untuk mencapai tujuan, menjaga keseimbangan, efisiensi dan efektivitas. Manajemen juga memiliki fungsi sebagai Planning, Organizing, Actiuating, dan Controlling yang disingkat dengan POAC.



Relasi manajemen dan komunikasi, meliputi:
- Komunikasi menentukan kualitas manajemen
- Komunikasi menentukan kualitas kepemimpinan
- Manajemen menentukan efektivitas komunikasi

Karakteristik Manajemen
Manajemen memilik beberapa karakteristik, yaitu:
1. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi, dan kooperatif dalam memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki.
3. Manajemen mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidaknya tujuan itu bergantung pada kemampuan seseoang dalam menggunakan potensi yang ada.
4. Manajemen merupakan sistek kerja sama yang kooperatif dan rasional.
5. Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur.

Konsep Dasar Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah proses, pertukaran pesan, dan melibatkan unsur-unsur komunikasi yang memiliki tujuan sebagai mutual understanding. Hambatan yang berasal dari unsur-unsur komunikasi, diantaranya hambatan fisik, hambatan semantic, dan hambatan psikologis. Sedangkan fungsi komunikasi dalam manajemen adalah sebagai kendali, motivasi, pengungkapan emosional dan informasi.

Pengertian Manajemen Komunikasi
Communication management is how people manage their communication processes throught construing meanings about their relationship with others in various setting. Yaitu bagaimana orang-orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam setting atau konteks komunikasi.

Berikut adalah beberapa pengertian manajemen komunikasi:
1. Manajemen komunikasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan sumber daya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi. konteks komunikasi yang dimaksud disini berarti tataran atau konteks komunikasi individual, interpersonal, organisasional, governmental, sosial, atau bahkan internasional.

Konsep Dasar Manajemen Komunikasi
Adanya keterpaduan pengelolaan antara proses manajemen dengan sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Berikut adalah hubungan fungsi manajemen dan unsur-unsur komunikasi.


Fungsi Manajemen

Unsur-Unsur Komunikasi

Komunikator

Pesan

Media

Khalayak

Efek

Planning

Organizing

Actuating

Controlling

 

Urgensi Manajemen Komunikasi

Terdapat beberapa urgensi dari manajemen komunikasi, yaitu:
1. Untuk tercapainya tujuan komunikasi secara efektif dan efisien.
2. Komunikasi bersifat rumit; bersifat irreversible, kompleks, berdimensi sebab akibat, dan mengandung potensi yang problematik.
3. Pengembangan keilmuan.
4. Simbiosis muatualistik manajemen dan komunikasi.

1 Response to "Pengertian Manajemen Komunikasi"

  1. All the merchandise manufactured by us have to undergo stringent quality checks before they are allowed to type a component. Castaly Canada will shine a highlight on CNC technology at SIBO, including the Rapid CNC router with eight automated best oversized sweaters software change. Since early October Tesla has all but disappeared from the radar of its charismatic and generally whimsical CEO and co-founder, Elon Musk. Since third-quarter vehicle-delivery figures were reported on Oct. 3, Tesla inventory has fallen 17%, an almost $144 billion drop in total market value. While the auto producer has mainly produced battery electrical vehicles, it has also produced a number of} alpha prototypes of its fuel cell electrical vehicles, which run on hydrogen. Items that turn out to be defective and unusable after use end result of|because of|on account of} a manufacturing, design, or material defect.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel