Niat dan Doa Shalat Tahajud


Niat dan Doa Shalat Tahajud

Shalat Tahajud adalah shalat sunah yang dilakukan pada malam hari, yakni pada sepertiga malam akhir atau setengah malam akhir. Shalat Tahajud juga bisa dilakukan pada waktu mendekati dua pertiga malam hingga waktu menjelang shalat subuh.

Jumlah rokaat Shalat Tahajud paling sedikit yakni dua rakaat, namun tidak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya. Jumlah maksimal Shalat Tahajud disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pelaksananya.

Berikut adalah niat Shalat Tahajud:


Ushalli sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya: 
Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”.


Doa yang dibaca setelah shalat tahajud


Rabbana aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya:
Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.


Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud dengan membaca doa:


Artinya:
Ya Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan Bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada) Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang.

Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau
”.


Dan memperbanyak membaca istighfar

Astaghfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih..

Artinya:
Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”.


Bacaan Dzikir



Astaghfirllahal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Artinya:

Saya memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya”.

0 Response to "Niat dan Doa Shalat Tahajud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel