Modul PKK Multimedia XII. Pengertian dan Prinsip Perakitan Produk Barang/Jasa


Pengertian dan Prinsip Perakitan Barang / Jasa

A. Pengertian Perakitan Produk Barang / Jasa
Perakitan adalah suatu proses penyusunan dan penyatuan beberapa bagian komponen menjadi suatu alat atau mesin yang mempunyai fungsi tertentu. Pekerjaan perakitan dimulai bila objek sudah siap untuk dipasang dan berakhir bila obyek tersebut telah bergabung secara sempurna. Perakitan juga dapat diartikan sebagai penggabungan antara bagian yang satu terhadap bagian yang lain atau pasangannya.


B. Prinsip Perakitan Produk Barang / Jasa
Pada prinsipnya perakitan dalam proses manufaktur terdiri dari pasangan semua bagian-bagian komponen menjadi suatu produk, proses pengencangan, proses inspeksi dan pengujian fungsional, pemberian nama atau label, pemisahan hasil perakitan yang baik dan hasil perakitan yang buruk, serta pengepakan dan penyiapan untuk pemakaian akhir.

Kegiatan Perakitan Produk jika dalam bidang Multimedia adalah mengemas informasi dari sumber informasi agar sampai kepada penerima informasi. Kemasan tersebut adalah produk hasil rakitan dalam bidang multimedia.

Contoh:
Membuat video dokumenter, maka hasil akhir rakitannya adalah video yang dikemas dalam berbagai format, misal format DVD, atau format file yang berukuran HD untuk diupload ke Youtube atau media lain. Yang dirakit adalah bahan-bahan video, berupa hasil pengambilan gambar. Bahan yang lain misalnya, foto untuk tampilan thumbnail video atau untuk kemasan DVD. Perakitan video dapat menggunakan software editing video Adobe Premiere, Filmora pada PC atau Laptop, atau Kinemaster jika menggunakan smartphone.


C. Perakitan Produk Barang / Jasa
Prosedur Perakitan Produk Perangkat Keras
1. Tooling; merupakan proses perakitan yang berguna untuk membuat komponen.
2. EVT (Engineering Validation Process); yaitu memperbaiki dan menguji coba komponen dari proses tooling.
3. DVT (Design Validation Process); yaitu melakukan ulasan mengenai desain produk, uji coba tahap akhir dan menyusun rencana lini perakitan.
4. PVT (Production Validation Process); yaitu melakukan uji coba dalam lini perakitan dan proses produksi


Prosedur Perakitan Produk Multimedia

1. Persiapan Awal
Hal yang perlu disediakan pada persiapan awal meliputi alat dan bahan yang akan digunakan. Peralatan dan bahan tergantung pada produk akhir yang akan dibuat. Peralatan meliputi, kamera foto atau video, peralatan pencahayaan, perangkat komputer, printer, dan lain sebagaianya sesuai kebutuhan. Sedangkan bahan yang digunakan dalam proses produksi meliputi, kertas cetak, tinta printer, dvd, cover dvd, dan bahan tambahan lain yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan produk.

2. Desain Melalui Komputer
Software yang digunakan dalam bidang multimedia adalah software desain grafis, software animasi, software pengolah audio dan video, dan software lain yang relevan. Lakukan proses evaluasi sebelum masuk prosedur selanjutnya.

3. Melakukan Eksport kedalam format akhir
Format file dapat berupa format file gambar, file video, file audio, file media interktif, dll. Lakukan proses evaluasi lagi sebelum masuk prosedur selanjutnya.

0 Response to "Modul PKK Multimedia XII. Pengertian dan Prinsip Perakitan Produk Barang/Jasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel