Modul PKK Multimedia XI. Jenis Inovasi dan Sumber Peluang Usaha


A. Pengertian Inovasi
Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Pengertian inovasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Stephen Robbins
Menurut Stephen Robbins, Inovasi adalah sebuah ide atau gagasan baru yang di terapkan untuk memperbaiki suatu produk.

Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

Van de Ven, Andrew H.
Menurut Van de Ven, Andrew H., pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Adapun ciri-ciri inovasi diantaranya adalah:
1) Memiliki kekhasan atau khusus, artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan
2) Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan pemikiran yang memiliki kadar orisinalitaasi
3) Dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui proses yang tidak tergesa-gesa dan dipersiapkan secara matang terlebih dahulu
4) Memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk strategi untuk mencapai tujuan.

Sedangkan jenis Inovasi menurut Kuratko ada 4 jenis inovasi, yaitu:
1) Invensi (penemuan baru)
2) Ekstensi (pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya)
3) Duplikasi (penggandaan, memperbanyakproduk yang sudah ada dan terkenal)
4) Sintesis (penggabungan atau mengkombinasikan konsep dan formula yang sudah ada menjadi formula yang baru)


B. Sumber Peluang Usaha
Peluang usaha atau opportunity merupakan sebuah kesempatan yang muncul dari kejadian atau peristiwa tertentu. Begitu juga dengan peluang usaha yang dapat muncul dari berbagai kejadian dan cara, baik kesempatan yang dimanfaatkan, ide ataupun inspirasi. Sumber peluang usaha pun bisa berasal dari diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar.

Peluang usaha bersumber atau diawali dengan adanya ide atau Inspirasi yang bersumber dari faktor internal dan eksternal.

1. Faktor internal
▪ Pengetahuan yg dimiliki
▪ Pengalaman dari individu itu sendiri
▪ Pengalaman dari orang lain
▪ Intuisi/pemikiran yg muncul dari diri sendiri

2. Faktor eksternal
▪ Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
▪ Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
▪ Kebutuhan yang belum terpenuhi
▪ Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yg baru

Cara Memanfaatkan Peluang menurut Dr. DJ. Schwartz
1) Percaya & yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan
2) Jangan bergaul pada lingkungan statis yang akan melumpuhkan pikiran
3) Senantiasa bertanya pd diri sendiri, “bagamana saya dapat melakukan usaha yg lebih baik”
4) Banyak bertanya & mendengarkan
5) Perluas pikiran


C. Sumber Peluang Usaha
Sumber peluang usaha tidak bisa didapatkan begitu saja, melainkan harus diperoleh dengan mencarinya. Dengan mengenali empat macam sumber peluang bisnis/usaha berikut, kita bisa lebih mudah menggali potensi yang dimiliki dari sebuah ide maupun keahlian.

1) Peluang dari Diri Sendiri
Banyak orang yang tidak sadar dengan peluang usaha yang bisa dihasilkan dari dirinya sendiri. Rasa takut akan kegagalan dan tidak percaya diri menjadi faktor utama mengapa banyak orang yang melewatkan peluang usaha dari dirinya sendiri. Alhasil kita tidak bisa merealisasikan peluang usaha tersebut. Namun cobalah untuk melawan rasa tidak percaya diri dan ketakutan tersebut dengan optimisme, bahwa kita dapat membangun sebuah usaha yang sukses

2) Peluang Usaha dari Lingkungan
Sumber peluang usaha dari lingkungan ini bisa didapatkan dari permasalahan yang sedang terjadi di daerah tersebut, obrolan dengan warga setempat, atau bisa juga muncul ketika kita mengunjungi suatu tempat dan melihat kondisi lingkungannya. Selain itu, kita juga bisa masuk dalam sebuah komunitas untuk mendapatkan ide-ide usaha yang menarik.

3) Peluang Usaha dari Informasi
Berbagai media seperti televisi, media sosial, radio, koran, majalah dan lain sebagainya akan banyak membagikan peluang usaha menarik. Sumber peluang usaha yang didapatkan melalui informasi dari media ini biasanya termasuk ide-ide yang sesuai dengan trend masyarakat masa kini.

4) Peluang Usaha dari Perubahan yang Terjadi
Perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar juga bisa menjadi sumber peluang usaha yang menarik. Sebut saja, ketika terjadi perubahan peraturan Pemerintah, perubahan gaya hidup dan pergantian musim. Setiap perubahan tersebut memberikan peluang usaha yang begitu banyak.

0 Response to "Modul PKK Multimedia XI. Jenis Inovasi dan Sumber Peluang Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel