Jenis Industri Kreatif Multimedia

Jenis Industri Kreatif Multimedia

Pengertian Industri Kreatif
Industri kreatif adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. Kreatifitas yang dihasilkan harus dapat membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, industri ini harus dikembangkan, sebagai salah satu penopang perekonomian.

Manfaat Industri Kreatif
Manfaat dari industri ini, yaitu dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi produk dari masing-masing pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat industri kreatif:
- Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan
- Menciptakan iklim bisnis yang baik
- Mengembangkan sumber daya yang terbarukan
- Menciptakan inovasi dan kreativitas sehingga memunculkan keunggulan kompetitif dari suatu bangsa
- Memberikan dampak sosial yang positif bagi bangsa Indonesia


Jenis Industri Kreatif Multimedia

1. Desain Grafis
Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Beberapa jenis industri desain grafis yaitu:
o Industri pecetakan meliputi, desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, dll.
o Desain web
o Industri film meliputi, spanduk, poster fil, iklan, dll.
o Logo atau branding

2. Fotografi
Fotografi termasuk industri kreatif karena fotografi dapat dijadikan sebagai bisnis seperti membuka studio foto, pembuatan iklan, model fesyen, model majalah, dokumentasi acara, prewedding, jurnalistik dll.

3. Videografi
Indutri kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya manajemen produksi film, penulisan skrip, tata artistic, tata suara, penyuntingan gambar, dll.

0 Response to "Jenis Industri Kreatif Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel