Contoh Proposal Penelitian Pola Komunikasi Interpersonal

Contoh Proposal Penelitian
Download Full PDF

PROPOSAL PENELITIAN
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL CIVITAS AKADEMIK MAGENTA INTERNATIONAL SCHOOL
DALAM KASUS BUNUH DIRI PADA PESERTA DIDIK

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Penelitian
        Perkembangan hubungan manusia dewasa ini memberikan dampak pada cara manusia berkomunikasi. Hal tersebut disebabkan kedekatan seseorang dengan orang lain bukan hanya dilihat dari pesan yang disampaikan akan tetapi juga dari proses dan cara berkomunikasi yang diterapkan pada setiap individu.
        Adanya proses penyampaian pesan dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) disebut dengan komunikasi. DeVito (2007:23) mendefinisikan komunikasi interpersonal sebagai kemampuan untuk melakukan komunikasi secara efektif dengan orang lain. Sedangkan menurut Wiryanto (2004) komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Landasan Teori
2.1.1 Pengertian Komunikasi Interpersonal

        Komunikasi secara etimologi berasal dari bahasa Latin communication, dan bersumber juga dari kata communis yang artinya sama, dalam arti kata sama makna. Jadi komunikasi berlangsung apabila antara orang-orang yang terlibat terdapat kesamaan makna mengenai suatu hal yang dikomunikasikan. Sedangkan komunikasi secara terminologis yang berarti penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain (Onong, 1992). Komunikasi menurut Hafied Cangara didefinisikan sebagai proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk merubah tingkah laku mereka (Hafied Cangara, 1998). Sedangkan menurut Arni Muhammad komunikasi didefinisikan sebagai pertukaran pesan verbal maupun nonverbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku (Arni, 2005).


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

2.1 Metodologi Penelitian

        Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara holistic-kontekstual (secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks atau apa adanya) melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci peneliti itu sendiri.
        Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus adalah suatu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil data, dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Penelitian studi kasus atau penelitian lapangan (field study) dimaksudkan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang masalah keadaan dan posisi suatu peristiwa yang sedang berlangsung saat ini, serta interaksi lingkungan unit sosial tertentu yang bersifat apa adanya (given). Subjek penelitian dapat berupa individu, kelompok, institusi atau masyarakat. Penelitian studi kasus merupakan studi mendalam mengenai unit sosial tertentu dan hasil penelitian tersebut memberikan gambaran luas serta mendalam mengenai unit sosial tertentu. Subjek yang diteliti relatif terbatas, namun variable-variabel dan fokus yang diteliti sangat luas dimensinya. Dengan kata lain, data dalam studi kasus dapat diperoleh dari berbagai sumber namun terbatas dalam kasus yang akan diteliti tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tanzeh (2011). Metodologi Penelitian Praktis. (Yogyakarta: Teras)
Aw, Suranto (2011). Komunikasi Interpersonal. (Yogyakarta: Graha Ilmu)
Cangara, Hafied (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Devito, Joseph A (1997). Komunikasi Antar Manusia, edisi 5. (Jakarta: Profisionial Book)
Effendy, Onong Uchjana (1992). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya)
Effendy, Onong Uchjana (2008). Dinamika Komunikasi. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya)
L. Tubbs, S, dan Moss, S. Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Muhammad, Arni (2005). Komunikasi Organisasi. (Bandung: Bumi Aksara)
Mulyana, Deddy (2005) . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Syaiful, Bahri Djamarah (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. (Jakarta: Rineka Cipta)
Sugiono (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Alfabeta)
Tasmora, Toto (1997). Komunikasi Dakwah. (Jakarta: Gaga Media Pratama)
Widjaja (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Wiryanto (2000). Teori Komunikasi Massa. (Jakarta: PT Grasindo)

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Pola Komunikasi Interpersonal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel