Modul Multimedia. Pengenalan Software Adobe Premiere

Pengenalan Software Adobe Premiere

Adobe Premiere adalah sebuah software atau aplikasi yang digunakan dalam melakukan editing video. Pengeditan ini umumnya digunakan untuk membuat atau memproduksi sebuah karya visual berbentuk video clip, iklan film, dan seluruh unsur video pada broadcasting.

Adobe Premiere tergolong software editing profesional standar yang biasa digunakan dalam pengeditan video di dunia multimedia. Hal ini karena Adobe Premiere memiliki kompatibilitas program yang sangat baik sehingga siapa saja penggunanya tidak akan merasa kesulitan untuk mempelajarinya.

Adobe Premiere juga menyediakan banyak peranti atau tools sebagai alat bantu untuk melakukan pengeditan video. Selain itu, Adobe Premiere juga menyediakan banyak effect yang dapat membuat hasil karya visual terlihat lebih menarik. Ada pukungan aplikasi dari beberapa vendor sehingga Adobe Premier memiliki banyak pilihan plug-in (software atau aplikasi tambahan) untuk mempermudah proses pengeditan.

Adobe Premiere sangat memungkinkan kita untuk memiliki kemampuan yang tidak terbatas dalam pengeditan video dengan kemampuan yang tidak terbatas dalam pengeditan video dengan teknik penggabungan yang menggunakan transisi video.

Sejak muncul pertama kali pada Desember 1991, software Adobe Premiere terus melakukan pengembangan sesuai dengan kemajuan ilmu teknologi. Berawal dari Adobe Premiere versi 1.0 dengan platform OS hanya untuk Mac, Adobe Premiere berkembang menjadi Adobe Premiere Creative Suite (CS) hingga saat ini menjadi Adobe Premiere Creative Cloud (CC).

A. Fungsi Software Adobe Premiere

Fungsi software Adobe Premiere yaitu untuk mengontrol berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan pengeditan video. Secara lebih rinci dapat dikatakan bahwa fungsi dari software Adobe Premiere untuk merangkai tiga elemen pokok, yaitu gambar, video, dan audio.

Fitur-fitur yang tersedia dalam software Adobe Premiere membuat penggunanya sangat memungkinkan untuk bekerja lebih produktif dan optimal sehingga hasil karya visualnya akan terlihat lebih menarik.

B. Mengenal Area Kerja Software Adobe Premiere

Area kerja secara keseluruhan merupakan tampilan muka dari software Adobe Premiere. Tampilan area kerja software Adobe Premiere harus dipahami sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Walau terlihat kompleks, software Adobe Premiere memiliki area kerja yang dapat digolongkan menjadi empat bagian utama, yaitu Project Window, Monitor Window, Timeline Window, dan Tools Window.


1. Project Window

Project Window merupakan wadah atau tempat mengumpulkan dan menyimpan clip/footage berupa file yang berisi gambar, video, dan audio yang akan diedit serta teks yang akan dibuat dalam proses pengeditan selanjutnya. 

Pada Project Window, selain Tab Project adakalanya dalam pengaturan dasar terdapat pula Tab Effect. Tab Effect adalah sebuah Tab yang berisi beberapa efek yang dapat digunakan untuk video, audio, dan transisi.

Clip/footage yang dapat dimasukkan (di-import) dalam software Adobe Premiere harus memiliki parameter yang sesuai. Hampir seluruh file gambar, video, dan audio yang memiliki parameter umum dapat di-import dalam software Adobe Premiere. Clip/footage adalah sebutan untuk file yang sering digunakan dalam dunia digital video production.

2. Monitor Window

Monitor Window biasanya terbagi dalam Source Monitor dan Sequence Monitor. Posisi yang lazim yaitu pada sebelah kiri adalah Source Monitor Window, sedangkan pada sebelah kanan adalah Sequence Monitor Window.

Fungsi dari Source Monitor adalah memotong bagian tertentu dari sebuah clip untuk selanjutnya digunakan dalam timeline. Sementara itu, Sequence Monitor berfungsi memperlihatkan atau menampilkan hasil editing yang dilakukan pada Timeline Window.

3. Timeline Window

Timeline Window adalah sebuah wadah atau tempat untuk melakukan penempatan dan penyusunan clip/footage baik gambar, video, maupun audio untuk kemudian dilakukan penyuntingan atau pengeditan. 

Format waktu untuk penyusunan clip/footage pada software Adobe Premiere menggunakan format SMPTE (Society of Motion Picture and Television Engeneers), yaitu organisasi insan perfilman dan pertelevisian internasional. Format SMPTE menggunakan satuan waktu jam:menit:detik:frame.

Contoh. 00:13:23:13 maka format tersebut dapat dibaca menit ke-13, detik ke-23, dan frame ke-13. Dengan menggunakan format ini, pengguna akan mudah mengetahui posisi yang sedang ditampilkan.

4. Tools Window

Tools Window merupakan jendela yang berisikan peranti atau peralatan yang dapat kita gunakan dalam proses pengeditan. Peranti (tools) dalam software Adobe Premiere antara lain Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tool, Rolling Edit Tool, Rate Strech Tool, Razor Tool, Slip Tool, Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, dan Zoom Tool.



Berikut fungsi tools pada Tools Window.

1. Selection Tool; Memilih dan menggeser salah satu atau beberapa clip pada timeline.

2. Track Selection Tool; Memilih semua clip pada satu atau beberapa track.

3. Ripple Edit Tool; Menyesuaikan titik edit serta memindahkan clip lainnya dalam timeline agar menjadi seimbang.

4. Rolling Edit Tool; Menyesuaikan titik edit di antara dua clip tanpa memengaruhi sisa timeline.

5. Rate Strech Tool; Mengubah durasi clip dengan mempercepat atau memperlambat speed pada video.

6. Razor Tool; Memotong clip video maupun audio pada timeline.

7. Slip Tool; Memindahkan clip ke dalam maupun ke luar poin dengan jumlah yang sama secara bersamaan tanpa memengaruhi sisa timeline.

8. Slide Tool; Memindahkan clip video secara bolak-balik pada timeline.

9. Pen Tool; Membuat anchor pada clip. Tool ini juga dapat berfungsi membuat clip menjadi transparan hingga 100%.

10. Hand Tool; Menggerakan tampilan pada timeline secara horizontal maupun vertikal.

11. Zoom Tool; Memperkecil ataupun memperbesar tampilan pada timeline.


Berikut adalah pemaparan tentang Area Kerja Software Adobe Premiere:



0 Response to "Modul Multimedia. Pengenalan Software Adobe Premiere "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel