Tidak Semua Orang Akan Menyukai Kita

Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa yang menggapai keridhoan Allah saat manusia tidak suka, maka Allah cukupkan dia dari beban manusia. Dan barangsiapa yang meraih keridhoan manusia dengan kemurkaan Allah, maka Allah akan serahkan dia bergantung pada manusia..” (Shahih, Hadist Riwayat at-Tirmidzi, No : 2414, Ibnu Hibban No : 276).


Maka jangan khawatir dan jangan sedih bila dibenci manusia. Jadikan keridhoan sebagai harapan dan tujuan dalam kehidupan ini.


Imam asy-Syafi’i Rahimahullah, berkata:

رِضَا النَّاسِ غَايَةٌ لاَ تُدْرَكُ

Menggapai keridhoan seluruh manusia merupakan tujuan yang tidak mungkin bisa digapai..”


Jadi mustahil kita bisa membuat semua orang menyenangi kita. Jadi jika ada orang yang marah2 kepada kita, biarkan saja, karena mereka sedang membuang sampah hati mereka (jika kita diam saja, maka sampah itu akan kembali kepada diri mereka sendiri), sama seperti orang yang ingin mengotori langit dengan meludahinya, ludah hanya akan jatuh mengotori wajahnya sendiri.

Saat orang merendahkan diri kita, itu tandanya bahwa kita sudah berada ditempat yang lebih tinggi dari mereka. Ketika orang bicara dengan nada iri, itu tanda bahwa kita sudah jauh lebih baik dari mereka.

Wallahu a’lam bish shawab.

0 Response to "Tidak Semua Orang Akan Menyukai Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel