Komputer Mini Murah "Raspi Zero"



Banyak orang susah percaya ada komputer yang dijual dengan harga 5 dolar atau sekitar Rp.70.000. Gawai yang lebih sederhana saja dijual lebih mahal. Lalu kenapa Raspi Zero (Raspberry Pi Zero) bisa dijual dengan harga 5 dola AS? 

Ternyata banyak rahasia dibalik harga komputer Raspi Zero yang sangat murah itu. Pertama, pihak Raspberry ternyata memangkas berbagai kelengkapan. Hal yang paling kentara adalah Raspi Zero dijual tanpa casing sama sekali. Selain itu, Raspberry pun memangkas beberapa perangkat keras, seperti media penyimpanan dan port USB.

Kedua, dengan 5 dolar, anda hanya mendapatkan mikrokomputernya saja jadi belum bisa menjalankan Raspi Zero. Situs Adafruit menjual Raspi Zero dalam dua paket starter pack, 29,95 dolar AS dan 59,95 dolar AS. Untuk paket pertama, selain komputer Raspi Zero, anda juga akan mendapatkan kartu SD, kabel OTG, kabel USB dan power supply, serta 2 x 20 header strip. Sementara itu, untuk paket kedua, anda akan mendapat tambahan kabel HDMI, assembled Pi T-Cobbler Plus, ekstra kabel strip 2 x 20, dan Wi-Fi dongle.

Vendor lainnya menawarkan Raspberry Pi Zero dengan harga 20 dolar AS dengan kelengkapan kabel USB OTG dan mini-HDMI. Sementara itu, pembeli diharuskan mengeluarkan 5 dolar AS untuk setiap item. Jadi, sebenarnya bahasa murah untuk Raspberry Pi Zero tidak sepenuhnya benar, bisa jadi hanya merupakan salah satu strategi pemasaran. 

Namun, kehadiran mikrokomputer Raspberry Pi  Zero menjadi kabar gembira bagi para pengembang dan pemrogram. Dengan ide dan kreativitas, mereka akan menciptakan perangkat baru.

0 Response to "Komputer Mini Murah "Raspi Zero""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel