Ilmu Komunikasi, Karakteristik Komunikasi Internet yang Menjadi Karakteristik Media Baru


Pada dasarnya media baru merupakan istilah yang cukup membingungkan, karena semua bentuk media, pada saat kelahirannya merupakan media baru. Namun, istilah media baru biasanya merujuk pada media yang lahir karena perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi ini memungkinkan untuk memadukan tiga sistem yang sebelumnya terpisah dan beroperasi sendiri-sendiri, yakni sistem komputer, sistem media dan sistem telekomunikasi. Disamping itu, media baru memiliki karakteristik; informasinya bersifat digital, interaktif, dan menempatkan komputer sebagai salah satu media komunikasi.

Media baru itu sangat beragam bentuknya. Ada beberapa bentuk media baru.
1. Edisi online untuk media cetak dan media elektronika.
2. Menggunakan brand-name media lama untuk media baru. Contohnya, Kompas Cyber Media (KCM) dan Tempo-Interaktif. 
3. Media baru yang dikelola secara professional dan komersial untuk berbagai kepentingan, seperti detik.com atau kapanlagi.com. 
4. media baru yang dikelola para penghobi teknologi informasi, seperti blog.

Pada sisi lain, kita pun menyaksikan makin bertambahnya jumlah orang yang terbiasa menggunakan internet di Indonesia. Peningkatan jumlah pengguna internet ini, tentu saja berdampak pada perkembangan media baru di Indonesia. Karena makin banyak pengguna internet, media baru menjadi salah satu media yang cukup potensial untuk berkembang di Indonesia mengingat jumlah khalayaknya cukup besar dan menunjukkan peningkatan. Di samping itu, para pengguna internet pun banyak yang tidak puas hanya menjadi orang yang menerima atau memeroleh informasi, melainkan ingin juga menyampaikan informasi, pandangan dan opininya sehingga membuat blog sebagai salah satu bentuk media baru.

Inilah yang kemudian melahirkan apa yang dikemukakan Heinonen (1999: 41) dengan internet sebagai medium penerbitan. Orang menjadi sangat mudah menerbitkan apapun di internet dengan memadukan teks, suara dan gambar. Sajian yang diterbitkannya menjadi menarik dan bisa dengan mudah di mutakhirkan. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa dengan internet ini pada dasarnya semua orang bisa memiliki medianya sendiri.

Heinonen (1999: 35-37) menunjukkan beberapa karakteristik komunikasi melalui internet yang juga bisa dijadikan sebagai karakteristik media baru. Karakteristik itu adalah sebagai berikut.

1. Semua informasinya bersifat digital yang merupakan ciri dasar media baru. Karena itu, informasi tersebut sangat mudah dan cepat digandakan dengan kualitas yang sama dengan aslinya.

2. Informasi digital itu tidak peka terhadap jenis-jenis informasi sehingga apakah informasi hanya sedikit atau banyak bisa disajikan dalam bentuk multimedia. Akibatnya bagi kegiatan jurnalistik, terbuka kemungkinan untuk sajian yang memadukan teks, suara dan gambar yang pada gilirannya akan memungkinkan orang membuat atau menerima informasi serupa.

3. Memanfaatkan computer, yang dipandang bukan hanya perangkat teknologi komunikasi dan informasi belaka, melainkan juga merupakan medium komunikasi mengingat computer memiliki kemampuan untuk memproses informasi digital.

4. Mengingat internet itu memungkinkan interaktivitas maka internet bisa menjadi alat pembentukan komunitas berbasis komunikasi.

Untuk bisa memanfaatkan media baru kita membutuhkan keterampilan baru. Perkembangan teknologi memang akan menuntut kita untuk terus belajar sehingga kita bisa memanfaatkan perkembangan tersebut. Orang yang tidak mau belajar, akan membuatnya semakin tertinggal dan semakin tidak memiliki kesempatan untuk mengakses informasi yang kini kian banyak tersimpan dalam bentuk data dan informasi digital.

0 Response to "Ilmu Komunikasi, Karakteristik Komunikasi Internet yang Menjadi Karakteristik Media Baru "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel