Ilmu Komunikasi, Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia


Sumber daya manusia (SDM) merupakan sumber daya terpenting bagi organisasi. Satu organisasi akan bisa berjalan dengan baik bila memiliki sumber daya manusia yang baik yang dikelola dengan baik juga.

Manajemen sumber daya manusia pada dasarnya merupakan perlaksaan fungsi-fungsi menajemen dalam mengelola sumber daya manusia organisasi. Dengan demikian, dalam manajemen sumber daya manusia ini kita akan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengendalian sumber daya manusia.

Fungsi-fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian akan bisa dilaksanakan dengan baik dalam manajemen sumber daya manusia.
1. Perencanaan
Untuk membuat peta kebutuhan organisasi atas kualifikasi SDM yang akan dilakukan dengan pelatihan dan perekrutan. Contohnya, perusahaan akan menganalisis berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk strategi kerberlangsungan pekerjaan.
Agar lebih mudah berikut adalah contoh real, dalam divisi host live hanya ada 2 host, tetapi semakin banyak minat customer membeli via online maka itu perlu untuk melakukan rekruitmen untuk menambah beberapa host live baru.

2. Pengorganisasian
Agar sumber daya yang sudah ada ditempatkan pada bagian-bagian yang ada di dalam organisasi seperti pembagian tugas dan penempatan posisi sesuai kemampuan. Contohnya, seperti di sebuah kantor tersapat struktur organisasi, mengalokasikan karyawan-karyawannya ke divisi sesuai kemampuan. Seperti halnya dalam divisi digital marketing dengan tugas sebagai content creator.

3. Penggerakan
Dilakukan dengan memotivasi dan memimpin agar dilaksanakan kegiatan produktif yang terlihat untuk memastikan bahwa suatu organisasi memiliki tenaga kerja yang berkualitas. Seperti sistem penggajian, penghargaan, pengembabgan dan penilaian karyawan. Contoh, menyambung dari nomor 1 perencanaan, saat merekrut karyawan baru misal host live, HR akan mewawancara dan melakukan test saat memilih kandidat-kandidat yang terbaik untuk posisi host live tersebut. Salah satu syaratnya mungkin harus bisa interaktif berbicara di depan kamera, ekspresif, mudah diajak bekerja sama dalam tim dan lainnya. Setelah menemukan kandidat terbaik perusahaan akan menyusun pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan menjadi host live tersebut.

4. Pengendalian Sumber Daya Manusia
Agar kita bisa mengawasi atau melihat kinerja karyawan, daftar kehadiran, penerapan kebijakan untuk memastikan konsistensi dan kepatuhan. Contohnya, memberikan evaluasi kinerja para karyawan. Biasanya setiap perusahaan akan melakukan evaluasi terkait kinerja, masukan, keluhan dan kebijakan dari perusahaan


Berikutnya adalah fungsi-fungsi sumber daya manusia yang lebih spesifik meliputi:
1. Rekruitmen
Kegiatan dalam kerangka manajemen sumber daya manusia seperti proses pencarian, perekrutan dan seleksi karyawan. Contohnya, seperti mengumumkan lowongan pekerjaan dan melakukan pemilihan kandidat terbaik.

2. Kompensasi
Skema penggajian dilakukan berdasarkan kualifikasi dan kompetensi yang dikuasai pegawai tersebut seperti gaji, tunjangan dan insentif lainnya memastikan karyawan diberikan hak yang sesuai. Contohnya, penentuan gaji dan insentif, penanganan klaim asuransi dan bpjs.

3. Evaluasi dan manajemen kinerja
Fungsi evaluasi dan manajemen kinerja pegawai sehingga hasilnya adalah melakukan berbagai pelatihan untuk peningkatan kinerja karyawan. Contohnya, setiap divisi dalam perusahaan melakukan evaluasi penilaian kinerja setiap satu bulan sekali.

4. Promosi
Sistem promosi yang dalam istilah sehari-hari dinamakan naik pangkat atau naik jabatan yang dimana karyawan memiliki potensi berkembang dan bisa mengambil tanggung jawab lebih besar. Contohnya, saat ada karyawan yang memiliki kinerja sangat baik dan luar biasa akan diberikan jabatan yang lebih tinggi.

5. Pengelolaan relasi
Dalam manajemen sumber daya manusia mutakhir, penting memerhatikan pengelolaan relasi. Manajemen organisasi menjaga relasi dengan pegawainya, baik secara individual maupun secara berkelompok melalui serikat pekerja. Contohnya, seperti HR yang menjadi perantara jika ada masalah antara manajemen dengan karyawan juga memberi dukungan dalam kebijakan dan prosedur perusahaan.

6. Perencanaan Sumber
Penting untuk menyusun rencana sumber daya manusia yang akan mencakup rencana pengembangan sumber daya manusia yang didalamnya akan ada beberapa pelatihan pengembangan sumber daya manusia, pembinaan pegawai, promosi dan sistem penghargaan.


Referensi
1. Iriantara, Yosal (2014), Manajemen Media Massa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. hlm. 5.
2. Ngashim, Aziz. 2024. Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Lingkup, dan Contoh Lengkap. 

0 Response to "Ilmu Komunikasi, Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel