Pengertian Teknologi Metaverse dan Manfaatnya


Pengertian dan Manfaat Metaverse

Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahkan mungkin membaca artikel maupun berita baik di  cetak dan digital tentang istilah metaverse, hal ini tak lepas dari telah diluncurkannya versi metaverse IKN Nusantara oleh presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Peluncuran versi metaverse IKN Nusantara sendiri yang diberi nama Jagat Nusantara merupakan sebuah terobosan dan inovasi yang sarat dengan teknologi digital masa depan.

Sebagaiamana yang telah diungkapkan oleh, Foundhing Chairman Jagat Wisnutama Kasubandio.

“Jagad adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan.”

Namun terlepas dari itu semua, kita garis bawahi terkait istilah metaverse itu sendiri. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah metaverse, apa fungsi dan manfaatnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.


Pengertian Metaverse

Kata metaverse merupakan gabungan dari dua kata yakni “meta” dan “universe” yang menggambarkan hubungan atau koneksi yang melampai batasan-batasan normal menggunakan teknologi internet. Secara umum, pengertian metaverse adalah alam semesta dalam konsep virtual yang penggunanya memiliki akses ke avatar digital yang memungkinkan mereka hidup, beraktivitas, dan berinteraksi satu sama lain selayaknya dalam kehidupan sehari-hari di dalam dunia digital tersebut.


Fungsi dan Manfaat

Dengan hadirnya metaverse sebagai dunia baru yang memungkinkan penduduk dunia bisa saling berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas, tentunya memiliki potensi manfaat yang luar biasa. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pengembangan metaverse antara lain:

1. Pengguna dapat bersosialisasi dengan bebas

2. Meningkatkan prospek perekonomian

3. Menyediakan ruang untuk bekerja dan belajar

4. Menghadirkan hiburan secara virtual


Cara Kerja Metaverse

Metaverse merupakan sebuah platform online yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas di dalamnya. Skema kerjanya yakni setiap orang yang ingin menjadi bagian dari lingkungan metaverse harus memiliki akun di salah satu platform yang terintegrasi dalam lingkungan metaverse. Beberapa elemen yang menjadi komponen pada sebuah metaverse antara lain video, email, game, augmented reality, virtual reality, live streaming, dan media sosial.

Kurang lebih dunia metaverse yang akan dituju nantinya merupakan kombinasi dari semua elemen tersebut. Selanjutnya akan dimaksimalkan dengan teknologi artificial intelligence, cloud computing, dan teknologi jaringan masa depan. Dengan begitu, sangat mungkin kita bisa melakukan berbagai kegiatan di metaverse nantinya.

0 Response to "Pengertian Teknologi Metaverse dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel