Keutamaan Puasa


Keutamaan Puasa

Banyak ayat Alqur’an yang mengkhususkan menyebut puasa serta menjelaskan keutamaannya. Diantaranya Allah ta’ala berfirman :

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab : 35).

Al-Imam Ibnu Katsir ketika menerangkan tafsir ayat ini dan mengetengahkan keutamaan puasa, beliau berkata :

“Disebutkan di dalam hadits riwayat Ibnu Majah ‘Puasa adalah zakatnya badan’ maksudnya puasa ini mensucikan badan, membersihkan dan memurnikan-nya dari berbagai kotoran yang buruk, baik dari sudut pandang tabi'at maupun sudut pandang syari’at. Sa’id bin Jubair berkata;

Barangsiapa puasa di bulan Ramadhan dan puada tiga hari setiap bulannya maka ia termasuk kelompok yang difirmankan oleh Allah ‘Wash-Ash-Soimin wash-Sho’imat’ atau para lelaki dan wanita yang gemar berpuasa.

Dan puasa ini diantara faktor terbesar yang bisa mengendalikan syahwat sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam; ‘Wahai para pemuda barangsiapa diantara kalian telah mampu, hendaknya menikah, karena itu lebih menjaga pandangan dan kemaluan. Barangsiapa tidak mampu hendaknya ia berpuasa karena puasa akan menjadi perisai baginya”.

Dan dengan puasa pada umumnya manusia akan lebih banyak berbuat ketaatan, dan ketaatan ini bagian dari ketaqwaan. Demikian pula si kaya jika ia merasakan sakitnya rasa lapar maka hal tersebut akan berimbas munculnya empati kepada para fakir miskin dan orang melarat, inipun merupakan bagian dari unsur ketakwaan.

Banyak sekali manfaat puasa yang bisa kita dapatkan baik manfaat di dunia maupun manfaat di akhirat. Berikut kami sampaikan keutamaan-keutamaan puasa :
a. Puasa sebagai perisai
b. Puasa menjadi sebab kita masuk surga
c. Puasa menhasilkan pahala tanpa batas
d. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan
e. Bau mulut orang puasa lebih wangi dari minyak kasturi
f. Puasa menjadi syafa'at
g. Pintu syurga Ar-Rayyan bagi orang yang berpuasa
h. Puasa menggugurkan dosa
i. Do’a orang yang berpuasa dikabulkan oleh Allah

0 Response to "Keutamaan Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel