Keagungan Kalimat Takbir (AllahuAkbar)

Disyariatkan dalam pembukaan shalat untuk mengucapkan takbir. Kalimat tersebut telah turun temurun diucapkan orang yang hendak memulai shalatnya. Kalimat itu berbunyi "AllahuAkbar". Kalimat tersebut mempunyai kekuatan yang tak terhingga, di mana setiap penguasa akan jatuh bertekuk lutut, berhala akan gugur hancur, dan para taghut akan menggigil ketakutan, jika kalimat tersebut diucapkan oleh seorang mushalli dengan penuh pengertian dan kesadaran. Ucapannya itu keluar dari hati yang telah ditempa oleh iman dan akidah.

Jika kadar persamaan antar berhala yang disembah, dan manusia yang dipertuhan, benda-benda yang dikuduskan, penguasa yang ditakuti, pemimpin yang ditaati dengan taat buta, adalah keagungan dan berlomba untuk memperoleh ketinggian dan kekuasaan, maka dengan kata yang ringkas dan jelas, tetapi tegas ini, yang Allah memerintahkannya untuk mengucapkannya dalam firman-Nya:

"Dan Tuhanmu agungkanlah". (QS. Al-Mudatsir: 3)

Maka sirnalah semua dakwaan dan angan-angan mereka itu. Seorang mushalli dengan mengucapkan kata-kata itu, ia telah mendobrak segala keagungan palsu, dengan suatu dobrakan secara menyeluruh dan tuntas, sehingga:

"Tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya". (QS. Al-Kahfi: 49)

0 Response to "Keagungan Kalimat Takbir (AllahuAkbar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel