Modul Multimedia. Penggunaan Efek Video pada Software Adobe Premiere

Penggunaan Efek Video pada Software Adobe Premiere

Adobe Premiere dilengkapi dengan fitur-fitur visual effect yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan karya visual yang berkelas profesional. Setiap pengguna akan dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur efek menarik yang tersedia untuk disematkan pada klip-klip yang telah tersusun di dalam timeline window.

A. Pengenalan Efek Video pada Software Adobe Premire

Semua fitur efek pada software Adobe Premiere tersimpan dalam jendela efek (effect window). Ada lima kelompok efek yang disediakan oleh software Adobe Premiere yang dapat digunakan sesuai fungsi dari masing-masing efek serta daya imajinasi yang dimiliki oleh pengguna sebagai video editor.

Berikut adalah lima kelompok fitur efek yang tersedia pada software Adobe Premiere.


1. Preset

Kelompok Preset adalah kelompok dari berbagai efek yang telah dilakukan perubahan-perubahan pengaturan secara individual sesuai keinginan editor. Selanjutnya hasil dari pengaturannya disimpan pada kelompok preset ini.

2. Audio Effect

Audio Effect adalah kelompok efek yang dapat digunakan hanya pada klip audio. Tersedia beberapa pilihan efek audio yang dapat digunakan sehingga memungkinkan untuk membuat kualitas audio terdengar sangat baik. Bahkan memungkinkan juga kita untuk memperbaiki apabila ada file audio yang akan digunakan memiliki kualitas kurang baik atau bahkan rusak.

3. Audio Transitions

Audio Transitions adalah kelompok fitur transisi file audio sehingga memungkinkan bagi editor untuk membuat perpindahan bagi editor untuk membuat perpindahan audio secara halus dan berkualitas. Ada beberapa pilihan dalam kelompok transisi audio, yaitu seperti yang terlihat pada gambar berikut.


4. Video Effect

Kelompok Video Effect berisikan efek-efek yang paling sering digunakan olah semua pengguna software Adobe Premiere selaku video editor. Penggunaan fitur efek video mengekspresikan imajinasinya tanpa dibatasi oleh apa pun.

Pada kelompok Video Effect di dalamnya terdapat fitur-fitur efek yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Adapun kelompok fitur-fitur efek yang tersedia, seperti yang terlihat pada gambar berikut.


5. Video Transition

Kelompok Video Transition berisikan fitur transisi yang hanya dapat digunakan untuk file gambar ataupun video. Sama halnya dengan kelompok Video Effect, kelompok Video Transition juga berisikan fitur-fitur transisi yang dikelompokkan sesuai dengan jenis transisinya.



B. Penggunaan Efek Video pada Software Adobe Premiere

Tersedia berbagai macam fitur efek video untuk berbagai keperluan editing yang diinginkan, penggunaan efek sangat memengaruhi hasil produksi yang diciptakan. Hampir seluruh desainer, baik grafis, video, maupun animator sangat bergantung pada ketersediaan efek yang memadai.

Perlu untuk dicatat bahwa setiap penggunaan fitur efek video, perlu dilakukan penyesuaian pada setiap parameter efek yang terdapat pada jendela Effect Controls.

a, Adjust

Fitur efek video yang ada pada kelompok ini, seluruhnya memiliki fungsi penyesuaian untuk segala aspek terkait editing video atau gambar. Penyesuaian yang dapat dilakukan adalah penyesuaian warna atau cahaya.

b. Blur and Sharpen

Blur and Sharpen adalah kelompok fitur efek video yang memiliki dua fungsi, yaitu fungsi mengaburkan gambar (blur) sehingga gambar klip akan tampak buram dan tidak jelas. Sementara itu fungsi mempertajam gambar (sharpen) apabila gambar klip video terasa kurang tajam.

c. Channel

Channel adalah kelompok efek video yang berfungsi memberikan efek blending (pencampuran) dan invert (lawan warna). Fungsi dasar dari fitur-fitur efek yang ada pada kelompok ini, yaitu menambah sisi artistik dan keindahan karya visual yang diciptakan.

d. Color Correction

Berbeda dengan Adjust, Color Correction merupakan kelompok fitur efek video yang berfungsi melakukan koreksi dan penyesuaian warna secara spesifik dan mampu mengoreksi pada satu unsur warna.

e. Distort

Fitur-fitur efek video pada kelompok Distort memang berfungsi mengubah ukuran, bentuk, dan posisi dari sebuah klip pada monitor.

f. Generate

Fitur-fitur efek video yang termasuk dalam kelompok Generate adalah fitur efek yang menghasilkan sebuah tampilan tambahan. Tampilan tambahan ini berfungsi sebagai aksesoris klip sehingga editor dapat memperkaya ide yang dimilikinya.

g. Image Control

Image Control adalah kelompok fitur-fitur efek video yang berfungsi melakukan penyesuaian warna gambar, baik mengubah maupun menghilangkan warna tertentu.

h. Keying

Keying adalah fitur efek video yang sangat umum. Keying berfungsi menghilangkan warna tertentu sehingga pada gambar-gambar klip pada timeline dapat digabung dalam satu timecode tertentu dan saling berhubungan antara klip yang satu dan lainnya.

i. Noise and Grain

Noise ang Grain merupakan gangguan ataupun hambatan yang terdapat pada gambar klip hasil perekaman video. Namun pada kelompok efek ini, Noise and Grain memberikan opsi sebagai penambah artistik sebuah karya visual.

j. Perspective

Seperti pada dunia 3D, Perspective merupakan sudut pandang sehingga tampilan klip pada monitor dapat diputar melalui tiga sumbu atau 3D. Seluruh fitur efek video yang termasuk dalam kelompok Perspective memberikan opsi pergerakan klip dalam tiga sumbu 3D dalam penempatannya di jendela monitor.

k. Stylize

Stylize merupakan sebuah kumpulan fitur-fitur efek video yang berfungsi mengubah gaya tampilan klip sehingga meninggalkan keaslian dari file video hasil perekaman gambar.

l. Time

Time adalah kelompok fitur efek video yang berfungsi memberikan efek pengulangan gerakan berdasarkan satuan waktu. Sama halnya dengan efek pengulangan pada suara, hanya saja pada klip video yang berulang adalah gerakannya hingga menyerupai gerakan bayangan,

m. Transform

Transform merupakan sebuah perintah yang dapat mengubah ukuran, bentuk, dan posisi gambar pada satu area kerja.

n. Transitions

Transitions memiliki fungsi yang sama dengan efek Video Transitions, hanya saja dari pengolahannya fitur-fitur efek video yang ada di dalamnya memiliki bentuk dan ciri khusus. Penggunaannya harus disertai dengan penggunaan keyframe baik dari awal maupun di akhir sehingga transisi dapat dijalankan.

o. Trapcode

Kelompok fitur Trapcode berisikan fitur-fitur efek video hasil dari penambahan yang di dapat dari vendor penunjang software Adobe Premiere. Seluruh fitur efek video tambahan yang juga disebut plug-in akan tersusun pada kelompok Trapcode itu.

p. Utility

Pada kelompok Utility hanya terdapat satu fitur efek video, yaitu Cineon Converter yang berfungsi memberikan efek cahaya dari berbagai sumber cahaya. Pemberian fitur efek video ini juga akan mengubah tampilan asli klip video hasil perekaman gambar. 

q.Video

Video merupakan kelompok fitur efek video terakhir yang ada pada jendela Video Effect. Pada kelompok Video ini, hanya terdapat fitur Timecode yang dapat disematkan pada klip video yang sedang ditampilkan.


Tugas Praktek.

Alat dan Bahan
1. Kamera Video
2. Komputer/Laptop/Smartphone
3. Software Adobe Premiere


Cara Kerja

1. Lakukan pengambilan gambar dengan kamera video atau smartphone beberapa adegan tertentu di sekitaran tempat tinggal.
2. Buat penyuntingan video sederhana, tema bebas.
3. Tambahkan audio effect, video effect dan video transition.
4. Durasi minimal 60 detik.
5. Kirim hasil videonya ke myugawpa@gmail.com


0 Response to "Modul Multimedia. Penggunaan Efek Video pada Software Adobe Premiere"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel