Wabah Covid-19


Pemerintah Indonesia memprioritaskan upaya evakuasi sesegera mungkin warga Indonesia yang berada di mana pun dan yang terdampak wabah Covid-19. Setelah mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China, pemerintah menyiapkan evakuasi tiga WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess dan terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19).

Ketiga WNI itu termasuk dalam ratusan orang yang positif terinfeksi di kapal pesiar Diamond Princess. Dua warga Indonesia sudah di bawa ke rumah sakit di kota Chiba, Jepang. Proses evakuasi sedikit tersendat, karena disini menyangkut factor perusahaan kapal.

Di kapal pesiar Diamond Princess ada sekitar 3.700 penumpang dan kru yang berasal dari lebih 50 negara dan teritori. Di kapal pesiar yang dikarantina di Jepang sejak 3 Februari 2020 yang lalu, total ada 542 orang yang terinfeksi. Kapal pesiar tersebut menjadi kluster penyebaran virus terbesar di luar China.

Pemerintah Australia, Inggris, Kanada, Korea Selatan, serta Hongkong menyatakan mengikuti langkah Amerika Serikat dalam mengevakuasi warganya dari kapal pesiar Diamond Princess. China melaporkan bahwa terdapat 1.886 kasus infeksi dan 98 kematian baru. Maka, total ada 72.436 kasus positif Covid-19 dengan 1.868 orang yang meninggal. Sementara itu diluar China terdapat 827 kasus positif di 26 negara serta 5 kematian.

Covid-19 adalah nama resmi penyakit yang disebabkan virus corona baru sebagaimana di sampaikan Organisasi Keseharan Dunia (WHO). Adapun Komite Internasional untuk taksonomi Virus menamai virus ini sebagai Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 1 atau SARS-CoV-2. Artikel ini telah cetak di harian Kompas Rabu (19/2/2020)

0 Response to "Wabah Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel