Spacebit Mengirimkan Robot Laba-Laba Untuk Menjelajahi Bulan Tahun 2021

Gambar Ilustrasi. Robot Laba-Laba Spacebit

Robot Penjelajah (Rover) yang dikirm untuk misi luar angkasa biasanya berbentuk seperti mobil golf, namun berbeda untuk kali ini, dimana Spacebit akan mengirimkan robot penjelajah berbentuk seperti laba-laba ke luar angkasa. Robot tersebut diprediksi akan siap berjalan di Bulan pada kuartal ketiga 2021 melalui misi United Launch Allience Vulcan.

Robot penjelajah ini memiliki empat kaki yang menopang tubuh CubeSat (satelit miniatur) sehingga disebut sebagai "The Walking Rover". Dengan berat yang ringan sekitar 1 kg, robot ini akan sangat ideal untuk menjelahahi celah-celah sempit dan gua di permukaan Bulan. Ditambah dengan adanya empat kaki yang bisa membuat robot penjelajah ini melompat, kaki-kaki tersebut menambah ketangkasan robot dalam segala kondisi dataran Bulan.

Walaupun tidak secepat robot yang menggunakan roda, namun nantinya akan ada kendaraan induk yang dapat memuat hingga empat The Walking Rover dan membantu mobilitas di Bulan.

Mobil ini memiliki panel surya monocrystalline dan konsumsi daya yang rendah sehingga dapat menjelajahi permukaan Bulan dengan waktu yang cukup lama. Antariksawan juga dapat melihat secara langsung visual yang didapatkan robot penjelajah ini melalui kamera high definition yang terdapat di tubuh kotaknya.

Ukuran yang kecil tidak akan menghalangi robot penjelajah untuk mempelajari permukaan Bulan. Pasalnya, robot penjelajah ini nanti akan bertugas secara berkelompok. Kumpulan robot penjelajah ini nantinya akan terintegrasi dengan kecerdasan buatan yang terdapat pada masing-masing robot.

Masing-masing robot penjelajah memiliki navigasi LiDAR, yang menggunakan sensor akurat dan dimensi yang luas untuk melihar area sekitar. Di estimasikan pembuatan robot ini akan memakan waktu 6 sampai 12 bulan, hal ini lebih cepat daripada pembuatan robot penjelajah lainnya. 

0 Response to "Spacebit Mengirimkan Robot Laba-Laba Untuk Menjelajahi Bulan Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel