Pengantar Sistem

Konsep Dasar Sistem

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Jerry Fith Gerald, sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Beikut beberapa pendapat tentang pengertian dan definisi sistem yang dijelaskan oleh para ahli:
1. Jogianto (2005:2), Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi. 


2. Indrajit (2001:2), Sistem adalah kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

3. Lani Sidharta (1995:9), Sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan, yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.

4. Murdick, R. G (1991:27), Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.

5. Davis, G. B (1991:45), Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.


Karakteristik Sistem 

1. Memiliki komponen, yaitu suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau susbsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.

2. Batas sistem (boundary), yaitu daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

3. Lingkungan luar sistem (environment), yaitu apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.

4. Penghitung sistem (interface), yaitu media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.

5. Masukan sistem (input), yaitu energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

6. Keluaran sistem (output), yaitu hasil dari energi yang diolah oleh sistem.

7. Pengolah sistem (process), yaitu bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan.

8. Sasaran sistem, kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak ada gunanya.


Klasifikasi Sistem

1. Sistem abstrak, yaitu sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya; sistem teologi.

2. Sistem fisik, merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalnya; sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi, dll.

3. Sistem alamiah, yaitu sistem yang terjadi melalui proses alam. Misalnya; sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi, dll.

4. Sistem buatan manusia, yaitu sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut human-machine system. Misalnya; sistem informasi.

5. Sistem tertentu (determininstic system), yaitu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi bagian-bagiannya dapat di deteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapar diramalkan. Misalnya; sistem komputer.

6. Sistem tak tentu (probalistic system), yaiutu sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

7. Sistem tertutup (close system), yaitu sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan sistem luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara teoritis sistem tersebut ada, tapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang hanya adalah relativity closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup).

8. Sistem terbuka (open system), yaitu sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan lainnya.


Referensi:
1. https://www.researchgate.net/publication/331672535_PENGANTAR_SISTEM_INFORMASI
2. http://jagatsisteminformasi.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-definisi-sistem.html

0 Response to "Pengantar Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel