Penyakit Hati, Na’udzubillah


Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang menjadi penentu sifat seseorang, baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Hati juga merupakan tempat bersemayamnya syaitan dan keburukan, yang disebut juga dengan istilah penyakit hati. Bahkan Rosulullah SAW saat masa kecil dibersihkan hatinya dari berbagai kotoran oleh malaikat Jibril.

Penyakit hati adalah penyakit atau gangguan yang ada pada hati dan perasaan manusia. Penyakit hati dalam islam bukanlah penyakit hati yang menyangkut kesehatan seperti penyakit liver, chirhosis, dan lain sebagainya. Penyakit yang ada dalam hati setiap orang bisa mempengaruhi perilaku dan perbuatannya.

Mengenai penyakit hati ini disebutkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut;

Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir”. (QS. At-Taubah : 125)

Dalam firman diatas disebutkan bahwa penyakit dalam hati seseorang bisa membawa pada kekafiran dan mati dalam keadaan kafir. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh setiap muslim manapun. Oleh sebab itu selayaknya sebagai muslim kita harus senantiasa menjaga hati dari berbagai kotoran dan penyakit yang bisa merusak keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT.

Jenis Penyakit Hati

1. Hasad, Iri dan Dengki
Ketiga jenis penyakit ini hampir sama dimana perasaan hasad atau iri adalah orang yang tidak suka jika seseorang mengalami kebahagiaan, sementara perilaku atau sifat dengki lebih parah lagi, ia bukan hanya tidak senang jika seseorang mendapatkan kebahagiaan, ia juga akan mendoakan agar kebahagiaan hilang dari orang tersebut dan berpindah pada dirinya. Sebagaimana yang terkandung dalam firman Allah QS. An-Nisa ayat 32.

2. Sombong atau Takabur
Perilaku sombong atau takabur sangatlah tidak disukai Allah SWT. Seseorang yang sombong biasanya akan merasa bangga pada dirinya dan apa yang dimilikinya dan menganggap remeh orang lain. Tidak ada manusia di dunia ini yang diperbolehkan memiliki sifat sombong karena hanya Allah sajalah yang diperbolehkan untuk sombong karena Ia pemilik langit dan bumi. Sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Isra’ ayat 37.

3. Riya atau Suka Pamer
Seseorang yang berbuat baik hanya untuk pamer atau menunjukkannya pada orang lain dan merasa bangga dengan hal itu adalah termasuk orang yang riya. Sifat riya bisa menghilangkan pahala kebaikan itu sendiri sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT QS. Al-Baqarah ayat 264.

4. Bakhil atau Kikir
Bakhil atai kikir adalah salah satu penyakit hati dimana seseorang yang tidak mau atau memberikan sedikit hartanya pada orang yang membutuhkan sementara ia memiliki harta tersebut. Sebagaimana firman Allah SWT QS. Al-Imran ayat 180.

5. Ujub
Ujub merupakan suatu sifat yang suka membangga-banggakan diri atas apa yang ia miliki sementara apa yang ia miliki tersebut tidaklah ia sadari merupakan karunia Allah SWT. Sifat ujub bisa merusak hati dan cenderung membuatnya sombong.

1 Response to "Penyakit Hati, Na’udzubillah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel