Kota Aljir Ibukota Aljazair

sumber: cruisemapper.com
Kota Aljir Ibukota Aljazair

Aljir, ibukota Aljazair, pelabuhan laut utama, pusat politik dan basis kebudayaan, juga “rumah” bagi para perompak Barbary yang termasyur dari abad ke-16 hingga abad ke-19.

Barbarrosa seorang panglima Turki yang menaklukan Aljir untuk Kekaisaran Ottoman pada tahun 1529, membebaskan pula Penon dari orang Spanyol, sesuai permintaan Emir Aljir. Ia kemudian mengumpulkan orang-orang Moor, yang telah diusir dari Spanyol, dan menjadikan mereka sebuah pasukan perompak yang menguasai samudera dan menimbulkan rasa takut bagi semua pedagang bangsa Eropa di Mediterania.

Pada tahun 1830, Perancis akhirnya menaklukan Aljir dan melumpuhkan pasukan perompak, merubah kota Turki itu menjadi sebuah pangkalan militer untuk mengendalikan wilayahh Afrika Barat dan Utara. Tetapi selama 300 tahun sebelumnya, kota Aljir sudah berkembang di bawah pemerintahan Barbarrosa.

Meskipun kekejaman Barbarrosa yang melegenda telah terdengar ke seluruh Eropa, namun ia dalah seorang pemimpin yang baik. Para tawanannya diberikan kebebasan yang relatif cukup di dalam kota, dimana mereka diperlakukan hampir sama dengan para warga Aljazair sendiri. Para tawanan adalah komoditi utama bagi perompak-perompak Turki, karena berkat tenaga merekalah berhasil dibangun gedung-gedung putih mengagumkan yang menghadap ke Laut Mediterania.

Kota ini tumbuh dari asalnya yang tak dikenal sebagai koloni orang Punisia di Afrika Utara dan melebar hingga ke lereng-lereng Perbukitan Sahel serta pulau-pulau di lepas pantai (hampir seluruhnya telah disatukan dengan daratan utama melalui reklamasi).

Aljazair bangkit menentang kekuasaan Perancis di tahun 1950’an dan memperoleh kemerdekaan di tahun 1962. Banyak orang Eropa yang keluar dari sana selama dekade-dekade berikutnya, meninggalkan kota bagi para penghuninya yang beragama Islam. Dewasa ini Aljir masih terus bertumbuh, dengan populasi mencapai 2,713 juta tahun 2008.

Sumber: Chrisanne Beckner, Eddy Soetrisno, "100 Kota Besar Bersejarah di Dunia"

0 Response to "Kota Aljir Ibukota Aljazair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel