Al-Mubarok Cukang Monteng Ibun, Masjid Ramah Pengunjung



Al-Mubarok Cukang Monteng Ibun, Masjid Ramah Pengunjung
Bersambung.. Perjalanan di Selatan Garut, Cisompet-Cikajang-Kamojang

Sejenak kita beristirahat di Kamojang Hill Bridge sebuah jembatan berwana kuning yang menjadi salah satu ikon baru kamojang selain kawasan kamojang ecopark, kawah dan sumur uap kamojang. Disini kita bisa ber selfie dengan backgroud jembatan kuning, maupun background perpaduan kebun sayur dan rumah perkampungan Ibun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Selanjutnya untuk menuju Bandung Kota kita akan melewati turunan ekstrem yang biasa disebut sebagai turunan cukang monteng. Ada tiga turunan berbelok dan menukik yang menuntut driver untuk tetap fokus. Diturunan yang ketiga, kita akan melihat komplek masjid yang begitu megah dan indah. Biasanya banyak pelancong yang mampir untuk melaksanakan sholat, sejenak rehat maupun mendinginkan rem kendaraan yang panas karena terus-menerus diinjak.



Selain bangunan masjid yang terlihat mewah dan indah, uniknya masjid ini dibangun di daerah gawir (jurang) yang posisinya di sejajarkan dengan jalanan yang sedikit menurun ataupun menanjak, masjid ini bernama masjid Al-Mubarok. Di bagian bawah masjid terdapat bangunan sebagai pondasi yang dimanfaatkan sebagai tempat singgah pengurus masjid (DKM), gudang dan tempat mengambil air wudhu. Kebetulan hari itu (16/6/2018) kita bertemu dengan bapak Amid sebagai DKM masjid Al-Mubarok, dan sedikit berbincang-bincang dengan beliau mengenai keberadaan masjid tersebut.

Dari penuturan pak Amid menyatakan bahwa masjid Al-Mubarok dibangun dan berdiri kurang lebih sudah 5 tahun, dibangun oleh seorang pengusaha konveksi asli Desa Ibun Kecamatan Ibun yaitu H. Amud, yang rumahnya berseberangan dengan tempat masjid tersebut dibangun.
 

Dan selama kurang lebih 5 tahun itulah masjid Al-Mubarok sering disinggahi oleh pelancong, selain bangunan masjid yang megah dan indah, suasananya pun membuat siapapun yang singgah menjadi betah. Semoga masjid Al-Mubarok terus berdiri megah dengan keramahannya kepada para pengunjung, menjadikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan menjadikan pahala untuk yang memakmurkannya. Amin. (acr)

0 Response to "Al-Mubarok Cukang Monteng Ibun, Masjid Ramah Pengunjung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel