Ilalang Jangan Sampai Hilang


Ilalang Jangan Sampai Hilang
 
Apakah kalian tau apa itu ilalang? Ilalang tergolong tumbuhan liar, biasanya tumbuhan ini ditemui di tanah yang kering atau tandus, namun terkadang bisa kita dapati tumbuhan ini di area pesawahan dan lahan-lahan kering di sekitar tempat tinggal kita.

Ilalang atau yang sering disebut alang-alang ini merupakan sebuah tanaman yang tak asing lagi keberadaannya disekitar kita. Tanaman yang nama latinnya Impera Chlindrical, setelah penulis cari tau dari cerita orang tua dan ditambah browsing di internet, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak kandungan dan manfaat yang beragam untuk tubuh kita. Meskipun ilalang sering dianggap sebagai tanaman gulma yang selalu dimusnahkan karena keberadaannya mengganggu tanaman lain, ilalang biasanya tumbuh ditanah tandus atau lahan-lahan kosong disekitar kita.

Selama ini ilalang hanya digunakan sebagai makanan ternak, sebagai atap rumah atau atap kandang ternak, tapi apakah kalian tau kandungan dan manfaat yang luar biasa didalam tumbuhan ilalang?

Berikut beberapa manfaat tumbuhan ilalang bagi kesehatan :
1.       Mengandung Imperanene
Kandungan imperanene yang terdapat dibagian rimpang ilalang ternyata bermanfaat sebagai pencegah pembekuan darah pada penderita infark jantung. Kandunagn zat ini dapat menghambat agregasi trombosit atau pembekuan sel darah.

2.       Mengandung Cylindol A
Kandungan ini mempunyai manfaat yang sangat besar karena kandungan ini mampu menghambat enzim 5-lipoksigenase pada tubuh. Efek dari penghambatan enzim 5-lipoksigenase yakni ketika kita merasakan rasa sakit pada bagian otot tubuh. Ilalang dengan kandungan cylindol A mampu menghambat rasa sakit yang terdapat pada bagaian otot serta mampu menghambat kontraksi pembuluh darah sehingga dengan zat yang terkandung pada ilalang akan memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

3.       Mengandung Graminone B
Kandungan ini ternyata memiliki efek sebagai penghambat penyempitan pembuluh darah aorta atau pembuluh darah besar dan dengan efek tersebut kandungan Graminone B pada ilalang ma
mpu menurunkan tekanan darah dan sangat cocok bagi mereka yang mengalami hipertensi.

4.       Memiliki Sifat Anti Piretik, Piretikhemostatik, Diuretic
Dari hasil pengujian ternyata tumbuhan yang juga disebut ilalang ini mempunyai efek farmakologis atau dengan kata lain tumbuhan ini mempunyai sifat: anti piretik/menurunkan panas, hemostatik/menghentikan pendarahan, menghilangkan haus, diuretic/peluruh kemih dan masuk kedalam meridian paru-paru, lambung juga usus kecil.

Sungguh tidak disangka, ternyata begitu banyak manfaat dari tumbuhan ilalang/alang-alang yang membuat kita tidak bisa memandang remeh khasiat dari tanaman ini. Dan tumbuhan yang selama ini  sering dianggap sebagai tumbuhan perusak ternyata memiliki kandungan yang sangat luar biasa untuk tubuh dan kesehatan kita. (def/acr)

0 Response to " Ilalang Jangan Sampai Hilang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel