Cara Memeriksa PC atau Laptop yang Digunakan Orang Lain Secara Diam Diam


Adakalanya kita menyadari tiba-tiba tampilan desktop PC atau Laptop kita ada yang berbeda atau berubah, padahal baru beberapa saat kita tinggalkan. Bukan bermaksud su'uzan atau mencurigai seseorang tapi perlu kiranya kita waspada, siapa tau ada yang secara diam-diam telah menggunakan dan mengakses PC atau laptop kita.

Untuk memastikan hal tersebut benar atau tidak, perlu kiranya kita memeriksa PC atau Laptop kita, berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah PC atau Laptop kita pernah digunakan orang lain secara diam-diam.

1. Periksa Item yang Baru Diakses
Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah memeriksa File, Folder atau Aplikasi yang baru saja diakses tanpa sepengetahuan kita. Bisa dilakukan dengan cara membuka jendela File Explorer, dengan cara klik tombol Win + E pada keyboard atau dengan klik Icon Folder pada bagian Taskbar. Pada saat jendela File Explorer terbuka, maka akan muncul daftar file yang baru saja dibuka.

Selanjutnya kita bisa cek dokumen atau file pribadi, dan memeriksa history tanggal pengaksesannya. Jika ditemukan waktu yang tidak sesuai dengan waktu terakhir kali kita mengaksesnya, maka bisa jadi benar ada orang lain yang telah membuka dan mengakses PC atau Laptop kita. Lebih lanjut, periksa file-file tersebut untuk mencari tahu apakah ada hal-hal yang berubah atau di edit.

Dan apabila kita khawatir ada orang yang mengakses akun Gmail tanpa sepengetahuan kita, maka bisa dengan memeriksa aktivitas terbaru pada akun Gmail kita. Dengan cara, klik Details pada bagian bawah Inbox.


2. Cek File yang Baru Dimodifikasi
Untuk memeriksa file-file penting yang kemungkinan ada yang diubah atau di edit, namun kita tidak punya banyak waktu memeriksanya satu-persatu setiap file, maka kita bisa melakukannya pada File Explorer. Pada File Explorer ini kita bisa menemukan file apa saja yang telah dimodifikasi dengan melihat tanggal tertentu maupun rentang waktu tertentu dalam satu bulan.

Seperti halnya memeriksa file yang baru saja diakses oleh orang lain diam-diam, jika menemukan waktu akses pada salah satu file yang janggal, maka bisa dipastikan memang benar PC atau Laptop kita telah digunakan dan diakses secara diam-diam oleh orang lain. Untuk memastikan kecurigaan hal tesebut, maka kita bisa melihatnya pada File Explorer.

Caranya, dari File Explorer pilih Folder atau File yang ingin kita lihat tanggal modifikasinya, kemudian ketik “datemodified” pada bagian kolom pencarian di kanan atas. Maka selanjutnya akan muncul kotak kalender yang memungkinkan kita memeriksa file-file yang dicurigai telah di modifikasi pada hari ini, kemarin, bahkan setahun yang lalu.

Baik, itulah beberapa cara untuk memeriksa dan memastikan apakah PC atau Laptop kita telah digunakan dan diakses oleh orang lain secara diam-diam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Memeriksa PC atau Laptop yang Digunakan Orang Lain Secara Diam Diam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel