Simulasi dan Komunikasi Digital

Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi atau menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi.
Menurut pusat bahasa Depdiknas (2005) simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Sri Anitah, W. dkk (2007: 5.22) metode simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok.

1. Metode Simulasi
Metode simulasi merupakan proses perancangan model dari suatu sistem nyata (riil) dan pelaksanaan eksperimen-eksperimen dengan model ini untuk tujuan yang memahami tingkah laku sistem atau untuk menyusun strategi (dalam suatu batas atau limit yang dilakukan oleh sebuah satu atau beberapa kriteri) sehubungan dengan operasi sistem tersebut.

2. Jenis-jenis Simulasi
Berdasarkan perangkat keras yang digunakan, maka ada 3 jenis simulasi:
a. Simulasi analog adalah simulasi yang implementasinya menggunakan rangkaian elektronika analog, seperti operasional amplifier untuk integrasi, pembanding, pembalik, penjumlah dan lain lain.

b. Rencana Kerja
Simulasi hybrid adalah simulasi yang implementasinya menggunakan gabungan rangkaian elektronika analog dan computer digital.

c. Simulasi digital adalah simulasi yang implementasinya menggunakan computer digital.

3. Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi dapat berbentuk Verbal dan Non-Verbal.
a. Komunikasi Verbal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan bahasa lisan berupa kata-kata;
b. Komunikasi Non-Verbal merupakan komunikasi menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu.

4. Pengertian Digital
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

0 Response to "Simulasi dan Komunikasi Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel