Perbedaan HTTP dengan HTTPS


Hypertext Transfer Protocol atau disingkat HTTP, adalah protokol lapisan aplikasi untuk sistem infromasi hypermedia yang terdistribusi dan kolaboratif. HTTP adalah dasar komunikasi data untuk World Wide Web, dimana dokumen hiperteks menyertakan hyperlink ke sumber daya lain yang dapat dengan mudah diakses pengguna, misalnya dengan mengklik mouse atau dengan mengetuk layar di peramban web.

Pengembangan HTTP diprakarsai oleh Tim Berners-Lee di CERN pada tahun 1989. Pengembangan permintaan HTTP berawal untuk komentar (RFC) adalah upaya terkoordinasi yang dilakukan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) dan World Wide Web Consortium (W3C), dengan pekerjaan kemudian pindah ke IETF.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) pada dasarnya adalah sekumpulan aturan yang digunakan browser untuk menentukan cara membaca dan mentransfer data melalui web. Saat URL menyertakan “http”, browser secara otomatis akan mengikuti protokol ini agar berhasil memuat halaman web.

HTTP berfungsi sebagai protokol permintaan respon dalam model komputasi klien-server. Peramban web, misalnya, mungkin klien dan aplikasi yang berjalan di komputer yang meng-hosting situs web seperti server. Klien mengirimkan pesan permintaan HTTP ke server. Server, yang menyediakan sumber daya seperti file HTML dan konten lainnya, atau melakukan fungsi lain atas nama klien, mengembalikan pesan respon ke klien. Respon tersebut berisi informasi status penyelesaian tentang permintaan dan mungkin juga berisi konten yang diminta di badan pesannya.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah ekstensi dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Ini digunakan untuk komunikasi aman melalui jaringan komputer, dan banyak digunakan di internet. Dalam HTTPS, protokol komunikasi di enkripsi menggunakan Transport Layer Security (TLS) atau, sebelumnya, Secure Socket Layer (SSL). Oleh karena itu, protokol ini juga disebut sebagai HTTP over TLS, atau HTTP over SSL.

Tujuan utama HTTPS adalah otentikasi situs web yang diakses, dan perlindungan privasi dan integritas data yang dipertukarkan saat dalam proses. Ini melindungi terhadap serangan man-in-the-middle, dan enkripsi komunikasi dua arah antara klien dan server melindungi komunikasi dua arah antara klien dan server melindungi komunikasi terhadap penyadapan dan gangguan. Hal ini memberikan jaminan yang masuk akal bahwa seseorang berkomunikasi dengan situs web yang dimaksud tanpa gangguan dari penyerang.

HTTPS sama seperti HTTP, tetapi bedanya adalah HTTPS memberi tahu browser untuk mengenkripsi data yang dipertukarkan dengan halaman web. Enkripsi menyamarkan data dan mengurangi kemungkinan informasi kita dilihat atau dimanipulasi. Hal ini penting jika situs menyertakan data sensitif seperti detail pribadi atau informasi keuangan.

0 Response to "Perbedaan HTTP dengan HTTPS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel