Modul Multimedia. TPAV XII. Prosedur Perawatan Kamera Video


Prosedur Perawatan Kamera Video

Kamera video bukanlah sebuah barang yang murah dan mudah untuk didapatkan. Terlebih kamera video yang memiliki fitur-fitur canggih, tentu memiliki harga yang sangat mahal. Jika terjadi kerusakan membutuhkan biaya yang tinggi untuk melakukan perbaikan. Oleh karena itu, perlu diketahui dan dipahami langkah-langkah yang harusnya dilakukan untuk merawat kamera video agar terhindar dari gangguan dan kerusakan. Langkah-langkah perawatan kamera video, yaitu sebagai berikut.

1. Hindari pemakaian kamera secara terus-menerus tanpa henti. Jika bagian tubuh kamera menjadi panas akibat pemakaian yang cukup lama, sebaiknya hentikan pemakaian sejenak. Hal ini bertujuan memberikan waktu istirahat sehingga tubuh kamera video kembali pada suhu normal.

2. Hindari peletakan kamera di sekitar peralatan yang memiliki medan magnet yang sangat tinggi, seperti ponsel, televisi, oven, microwave, dan perlengkapan sejenis lainnya. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan pada sistem optikal kemera video.

3. Hindari penggunaan kamera video di area yang berdekatan dengan menara sistem transmisi atau juga kabel listrik yang bertegangan tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan terhadap sistem elektrik yang ada pada mesin kamera video.

4. Lindungi kamera video dari rintik air hujan maupun cairan lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh kamera dan juga mesin kamera video. Lakukan perlindungan yang sangat baik jika proses perekaman gambar dilakukan di pantai maupun di kolam renang.

5. Hindari dari segala benturan dan guncangan yang keras pada kamera. Kerusakan yang terjadi akibat benturan maupun guncangan dapat mengakibatkan kamera rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

6. Gunakan pembersih. Cara membersihkan bagian-bagian tubuh kamera termasuk monitor LCD/LED.

0 Response to "Modul Multimedia. TPAV XII. Prosedur Perawatan Kamera Video"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel