Valentino Rossi, Pembalap Italia yang Mendominasi MotoGP


Valentino Rossi, Pembalap Italia yang Mendominasi MotoGP

Satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan balan moto kelas 125, 250, 500 dan Kejuaraan Dunia MotoGP, Valentino Rossi seorang pembalap berkebangsaan Italia yang mendominasi MotoGP, pertama dengan menunggangi motor Honda dan selanjutnya Yamaha, meraih gelar juara dunia dan merengkuh mahkota lima kali berturut-turut sampai akhirnya Nicky Hayden memenangkan gelar juara dunia motoGP pada tahun 2006.

Setelah kembali ke performa puncak pada tahun 2008 dan 2009, pembalap Italia itu kemudian dikalahkan oleh rekan setimnya Jorge Lorenzo pada tahun 2010 dan akhirnya dia (Vale) pergi untuk bergabung dengan tim pabrikan Ducati. Setelah tiga kali meraih podium selama dua musim yang sulit, pebalap dari Tavullia itu kembali ke pabrikan Yamaha pada musim 2013 dan meraih kemenangan pertamanya dalam tiga tahun di Assen.

Pada gelaran MotoGP 2014 Rossi menjadi runner up, selanjutrnya Rossi berjuang untuk mahkota kesepuluh pada tahun 2015 akan tetapi gagal pada balapan terakhir karena kalah selisih poin dari Lorenzo sekali lagi. Di tahun 2016, setelah melewati begitu banyak pole position, podium dan kemenangan balapan hingga menjadi runner up, pada musim berikutnya 2017 Rossi mendapatkan rekan satu tim baru di Movistar Yamaha MotoGP, dia adalah Maverick Vinales.

Kemenangan lain, di GP Belanda di TT Circuit Assen, adalah permata di musim yang sukses lainnya – tetapi berjuang untuk tim dengan cengkeraman rendah dan patah kaki yang diderita dalam latihan sebelum Misano mempengaruhi perfiormanya pada paruh kedua tahun ini. Rossi bergegas untuk kembali dari cedera setelah hanya tiga minggu istirahat, dan berusaha untuk podium lagi sebelum akhir tahun, setelah sebelumnya terlibat dalam pertarungan mengagumkan di Phillip Island.

Pada 2018, pembalap Italia itu tetap bersama Yamaha dan menempati klasemen tiga. Rossi juga tidak meraih kemenangan pada 2019, dua podium di tiga balapan pembuka menjadi satu-satunya yang kami bisa melihat nomor 46 melambung, sementara itu tidak membaik pada 2020, dengan hasil posisi ketiga di GP Andalusia merupakan musim terbaiknya.

Di musim 2021 Rossi pindah ke Petronas Yamaha dan bertandem dengan muridnya, Franco Morbideli. Dan di pertengan 2021 ini, Rossi mengumumkan dirinya akan pension di akhir musim gelaran MotoGP 2021. Sang Legenda MotoGP Valentini Rossi, tetaplah legenda dan juara sejati.

0 Response to "Valentino Rossi, Pembalap Italia yang Mendominasi MotoGP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel