Valentino Rossi Memutuskan Pensiun dari MotoGP


Valentino Rossi Memutuskan Pensiun dari MotoGP

Siapa yang tidak mengenal Valentino Rossi, pembalap yang memiliki julukan The Doctor ini merupakan sosok pembalap legendaris yang masih berkiprah di ajang motoGP 2021. Seorang pembalap sekaligus legenda hidup motoGP, yang selalu dinanti-nanti penampilannya dalam ajang balapan motoGP oleh para fans seantero dunia, akhirnya memutuskan untuk pensiun di akhir gelaran motoGP 2021 nanti, setelah 26 tahun kariernya di balap motor kelas primer.

Meski sebenarnya masih terbuka lebar kesempatannya untuk membalap dengan tim yang akan dia tukangi di musim 2022 bersama Aramco VR46. Namun Valentino Rossi memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan tersebut, dengan alasan meski dia bisa membalap dengan timnya sendiri, namun karena perbedaan motor yang akan dia tugangi (Ducati) tentu saja membutuhkan adaptasi yang kemungkinan besar tidak akan mudah seperti halnya yang dilakukannya di musim ini setelah pindah dari Monster Yamaha ke Petronas Yamaha.

Bisa jadi keputusannya untuk pensiun diambil seiring performanya yang kian menurun dan sulit bersaing dengan para rider muda. Dimana sejak motoGP 2017, mantan rider Ducati itu mulai kehilangan tajinya. Valentino Rossi yang merupakan runner up motoGP 2014 sampai dengan 2016 hanya mampu finisdi urutan kelima pada musim 2017.

Meskipun pada motoGP musim 2018 performa The Doctor sempat meningkat dengan berhasil finish di peringkat ketiga klasemen. Tetapi, pada musim 2019, prestasi The Doctor kembali menurun dengan finis di urutan ketujuh pada klasemen akhir. Bahkan pada motoGP 2020 performa Rossi terus menurun dengan finis di urutan ke-15, dan lebih parahnya lagi semenjak motoGP Belanda 2017 Rossi belum pernah memenangkan balapan lagi.

Bagaimanapun Valentino Rossi adalah seorang legenda hidup motoGP, dimana karier balapnya dimulai pada usia 17 tahun, tepatnya pada 1996, dengan memperkuat tim local, Suderia AGV Aprilia, di kelas 125cc. Pada musim keduanya, ia langsung mencatatkan diri sebagai juara. Rossi pun naik ke kelas 250cc pada 1998, lalu menjadi juara semusims setelahnya.

Julukan The Doctor diperoleh Rossi saat tampil di kelas 500cc (motoGP pada saat itu) untuk pertama kalinya pada tahun 2000 silam. Julukan itu berkaitan dengan keahlian Rossi dalam bidang balap motor. Bahkan sampai akhir kariernya di akhir musim motoGP ini, julukan itu terus tersemat dan tak akan tergantikan, karena Valentino Rossi adalah ikon sekaligus legenda hidup motoGP.

0 Response to "Valentino Rossi Memutuskan Pensiun dari MotoGP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel