Berbicara di Depan Publik Secara Virtual


Public Speaking merupakan merupakan sebuah rumpun keluarga ilmu komunikasi (retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, berpidato, memimpin rapat, memoderatori, menjadi MC dan presenter, serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

Disebut sebagai keterampilan karena kompetensi public speaking dibangun melalui serangkaian praktik dan latihan. Dinyatakan sebagai seni karena public speaking memerlukan kreativitas serta keartistikan tersendiri untuk memandu kata-kata dan ekspresi nonverbal secara harmonis.

Artinya, proses pembiasaan yang diawali dari latihan daan latihan disertai persiapan memadai adalah kunci untuk terampil berbicara di hadapan khalayak. Persiapan adalah syarat mutlak agar keseluruhan proses berbicara di hadapan khalayak bisa berjalan optimal. Pesan tersampaikan dengan efektif dan menuai kesan positif dari publik.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan kemudian juga di dorong oleh hadirnya pandemi Covid-19 yang diluar dugaan, kian memperluas makna khalayak tanpa harus bersinggungan secara fisik, inilah yang disebut virtual public speaking.

Maka dengan itu semua, kita disadarkan bahwa persiapan dalam hal berbicara kepada publik secara virtual sama krusialnya ketika kita hendal berbicara di depan banyak orang secara nyata atau bertemu fisik.

Tanpa persiapan matang baik dari sisi personal pembicara, peralatan yang digunakan, hingga tampilan visual layar ketika kita berbicara termasuk hal yang harus diperhatikan secara seksama.

0 Response to "Berbicara di Depan Publik Secara Virtual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel