Sunrise Situ Cileunca Pangalengan

Foto. Awiracr
Situ Cileunca merupakan sebuah danau buatan yang dibangun Belanda pada tahun 1918 sampai dengan 1926. Cileunca dibangun di sebuah kawasan sunyi yang dipenuhi pepohonan serta tanaman khas hutan belantara, posisinyag berada diatar ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 Ha dengan estimasi kedalaman mencapai 17 meter.

Cileunca dibangun menjadi sebuah danau buatan untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Energi listrik yang dihasilkan PLTA Cileunca tersebut digunakan untuk keperluan energi listrik pabrik teh dan sebagian keperluan energi listrik warga kota Bandung pada zaman penjajahan Belanda. Seiring berjalannya waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karena menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Kawasan alam Situ Cileunca yang masih asri dan banyak ditumbuhi pepohonan membuat suasana terasa sejuk. Selain itu kawasan Situ Cileunca dianggap cukup strategis karena berada di wilayah pegunungan Pangalengan, yang menjadikan tempat ini memiliki suhu udara yang sangat dingin dan menyegarkan.

Lokasi Situ Cileunca terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Dari Situ Cileunca, saat pagi kita bisa melihat keindahan terbitnya matahari atau sunrise. Untuk dapat menyaksikan indahnya sunrise di situ Cileunca kita bisa menginap di area situ Cileunca dengan cara camping maupun menyewa penginapan yang banyak berdiri di sekitaran situ Cileunca Pangalengan.

Berikut adalah video keindahan sunrise di situ Cileunca Pangalengan:


0 Response to "Sunrise Situ Cileunca Pangalengan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel