Modul Multimedia, Prinsip Gambar Sketsa dan Ilustrasi

Prinsip Gambar Sketsa dan Ilustrasi
Oleh. M. Yuga Wira Praja A.


Gambar Sketsa

Sketsa adalah sebuah gambaran kasar dan ringan yang digunakan untuk mengawali atau sebagai kerangka sebuah penggarapan karya tulis. Sketsa dapat dibedakan menjadi 2 yaitu;
a. Seni rupa murni, adalah sebuah seni yang hanya digunakan sebagai hiasan saja, tanpa memperhatikan fungsi dan kegunaannya.
b. Seni rupa terapan, adalah sebuah seni yang selain memperhatikan keindahannya juga memperhatikan fungsi dan kegunaannya.

Ditinjau dari segi penggarapannya sketsa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
a. Gambar garis besar, yaitu menggambar garis-garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai.
b. Sketsa cepat, yaitu menggunakan beberapa garis saja untuk memberikan citra pada sketsa yang sudah selesai.
c. Studi citra, yaitu sketsa yang berupa coretan cepat dan kurang terperinci (hanya menunjukan bentuk global saja)

Sedangkan unsur-unsur pembangun dalam sketsa yaitu:
a. Garis
b. Warna
c. Bidang dan bentuk
d. Gelap terang

Beberapa teknik dalam menggambar sketsa
a. Teknik Arsir, merupakan suatu teknik mengarsir menggunakan garis-garis murni saja.
b. Teknik Dussel, merupakan suatu teknik sketsa yang hampir mirip dengan teknik arsir, namun untuk teknik Dussel ini garis-garisnya terlihat samar karena diperhalus.
c. Teknik Pointilis, merupakan suatu sketsa menggunakan gabungan titik-titik menjadi suatu bentuk dan menghasilkan gelap-terang suatu objek.

Fungsi gambar sketsa yang bisa kita peroleh sebelum menggambar atau melukis:
a. Dapat meminimalisir kesalahan dalam menggambar atau melukis.
b. Memberikan gambaran mengenai suatu tema gambar atau lukisan.
c. Dapat mempertajam pengamatan seorang pelukis.
d. Dapat meningkatkan kemampuan seorang pelukis, terutama dalam hal mengkoordinasi hasil pengamatan dan juga keterampilan tangan.


Gambar Ilustrasi
Gambar ilustrasi adalah hasil dari suatu tulisan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang dimaksud dibandingkan dengan bentuknya.

Tujuan dari ilustrasi yaitu untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, memperkaya, mempertegas, menghiasi atau menerangkan sebuah cerita, puisi, tulisan, maupun tertulis lainnya. Dengan harapan setelah menggunakan media bantu visual, tulisan tersebut bisa lebih mudah untuk dicerna.

Ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang bisa membantu dan merangsang si pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita. Ilustrasi cukup membantu dalam memahami narasi dan mengembangkan imajinasi.

Gambar ilustrasi berfungsi memberikan bayangan pada setiap karakter di dalam sebuah cerita, diantarnya:
1. Memberikan bayangan langkah-langkah kerja.
2. Memberikan bayangan bentuk alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah.
3. Menghubungkan tulisan dengan individualitas dan kreativitas manusia.
4. Mengkomunikasikan cerita.
5. Dapat menerapkan konsep yang disampaikan.
6. Memberikan humor-humor untuk menghilangkan rasa bosan.

Beberapa unsur dalam gambar ilustrasi
a. Gambar manusia
b. Gambar tokoh binatang
c. Gambar tumbuhan

Bentuk suatu obyek ilustrasi dapat berupa gambar manusia, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut bisa berdiri sendiri atau bisa gabungan dari berbagai obyek yang berbeda. Obyek sebuah disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat. Gambar ilustrasi dapat menggunakan warna hitam atau putih saja.


Manipulasi Gambar Sketsa dan Ilustrasi 

Manipulasi gambar adalah proses menambahkan atau mengurangi object yang akan di edit, sehingga terbentuklah imajinasi-imajinasi yang tidak pernah di lihat di mata orang lain atau pun di dalam kehidupan nyata.

Manipulasi dalam dunia desain saat ini sudah menjadi tren di kalangan newbe sampai dengan professional untuk project-project tertentu, namun untuk levelnya sangat berbeda jauh dari kalangan menengah.

Imajinasi yang luas dan tinggi sangat diperlukan dalam manipulasi gambar, yang membuat hasil karya dari manipulasi tersebut tidak pernah terbayang oleh manusia yang menjadi nilai plus.

Manipulasi gambar merupakan sebuah desain hasil gabungan dari beberapa gambar, baik gambar sketsa maupun gambar ilustrasi yang diolah oleh software pengolah gambar (Photoshop, Illustrator, dsb) menjadi sebuah karya desain yang artistik. Manipulasi gambar adalah aplikasi edit gambar yang menggunakan berbagai teknik dalam menggunakan ilusi dan penipuan untuk membuat gambar menjadi lebih menarik, menggunakan cara-cara analog dan digital.

Dengan adanya komputer, pad grafis, dan kamera digital, dimungkinkan untuk mengedit mencakup segalanya yang bisa dilakukan untuk foto, baik dari ruang yang gelap maupun dalam komputer. Manipulasi tidak harus berlebihan, akan tetapi manipulasi bisa untuk menerapkan efek dan merubah berbagai komponen gambar hingga menjadi sesuai dengan hasil yang diinginkan.


Membuat Gambar Sketsa

Langkah-langkah membuat gambar sketsa, yaitu:
a. Membuat kerangka gambar, diantaranya terdiri dari garis vertical, garis horizontal, dan garis lengkungan.
b. Membuat garis sekunder, misalnya seperti membuat kerangka persegi atau lingkaran secara tipis.
c. Menebalkan garis pada sketsa, jika memang sudah tepat sesuai dengan keinginan.


Membuat Gambar Ilustrasi

Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi, yaitu:
a. Gagasan yaitu bahan yang harus di ilustrasikan.
b. Sketsa, merupakan proses awal dalam merancang sebuah gambar.
c. Pewarnaan, langkah selanjutnya adalah proses pewarnaan yang dapat dilakukan dengan du corak pewarnaan, yaitu corak realis dan corak no realis (impresionisme, ekspresionisme, abstrakisme, dll)



Sumber:
http://smkn1purwodadiart.blogspot.com/2016/03/pengertian-jenis-teknik-dan-contoh.html
http://design-maulana.blogspot.com/2014/06/pengertian-singkat-tentang-manipulasi.html
https://tandapagar.com/pengertian-gambar-ilustrasi/
http://www.pengertianku.net/2017/11/pengertian-sketsa-dan-contohnya-dilengkapi-fungsinya.html

0 Response to "Modul Multimedia, Prinsip Gambar Sketsa dan Ilustrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel