Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI)


Implementasi teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang di tahun 2019 setelah sebelumnya di perkenalkan di tahun 2018. Hal ini terlihat dari bermunculannya fitur AI camera, asisten cerdas berbasis AI, dan lain sebagainya.

Aartificial Intellegence merupakan sebuah system berfikir manusia yang disematkan dalam sebuah perangkat atau software. Dengan penemuan teknologi yang canggih ini, banyak kita temui mesin yang memiliki kemampuan hampir sama dengan manusia. Mulai dari berfikir, menganalisis, bahkan sampai bertindak selayaknya manusia.

Saat ini sering kita jumpai perangkat-perangkat berbasis AI yang dapat membantu memudahkan pekerjaan. Mulai dari yang berbentuk software sampai yang berbentuk barang atau robot. Berikut beberapa perangkat berbasis AI :

1. AI yang disematkan pada Robot
Salah satu contoh robot berbasis AI adalah robot buatan Microsoft yang disebut Emation Api. Robot ini merupakan robot emosional yang mampu mendeteksi emosi seseorang dari ekspresi wajahnya.

2. Perangkat yang mampu memprediksi Masa Depan
Anak perusahaan Google, Deep Mind menciptakan sebuah kecerdasan buatan yang bisa memprediksi masa depan. Namun hal ini berbeda dengan memprediksi masa depan layaknya peramal, tetapi lebih kepada mempertimbangkan keputusan dan membuat rencana tanpa instruksi dari manusia. Sistem ini menggunakan cara berfikir manusia dalam hal mengambil keputusan sebelum bertindak.

3. AI yang disematkan pada peralatan Medis
Kecerdasan buatan dalam bidang medis adalah mesin rekam medis. Dari yang semula mengguanakn catatan dengan kertas, saat ini rekam medis bisa didapatkan dalam bentuk elektronik, sehingga rekam medis pasien dapat disimpan lebih aman mengguanakan media penyimpanan flashdisk maupun penyimpanan secara online. Selain itu sebuah penelitian mengungkapkan sedang mengembangkan sistem AI yang dapat membantu dokter dalam mengobati pasien. Sistem ini disebut dengan Deep Face LIFT, yang mana perangkat ini mampu mendeteksi seberapa besar rasa sakit yang dirasakan oleh seorang pasien dengan objektif.

4. AI yang digunakan dalam Perangkat dan Sistem Keamanan
Sudah banyak perusahaan yang menciptakan teknologi keamanan berbasis Artificial Intellegence, dan tujuan diciptakan teknologi tersebut biasanya untuk mengamankanrumah. Salah satunya adalah teknologi smartlock, yaitu sebuah perangkat kunci pintar yang mengusung teknologi IoT yang dapat memberi notofikasi jika terjadi hal-hal aneh di sekitar rumah atau lingkungan kita.

5 Responses to "Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) "

  1. Much complicated tasks like weather prediction and stock trading can also be done by these computers. artificial intelligence courses in hyderabad

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh I see, thanks for the additional information. means a lot to the writer

      Delete
  2. I think it isn't right and I will clarify why I suspect as much. cyber security course in hyderabad

    ReplyDelete
    Replies
    1. like what a friend is, maybe it can add to the writer's insight

      Delete

  3. I am impressed by the information that you have on this blog!
    "cyber security course in hyderabad

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel