Profil Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024

Berikut ini adalah profil pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024 yang di usulkan oleh partai politik peserta pemilu tahun 2024, lengkap dengan visi dan misi masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden.


Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 yang di usung oleh partai politik Nasdem, PKB dan PKS. Calon presiden H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. lahir di Kuningan 7 Mei 1969 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Rektor Universitas Paramadina (2007-2014), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2014-2016), Gubernur DKI Jakarta (2017-2022). Sedangkan sebagai pasangannya atau calon wakil presiden adalah Dr. (H.C.) H.A. Muhaimin Iskandar yang lahir di Jombang 24 September 1966 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009-2014), Wakil Ketua MPR RI (2018-2019), Wakil Ketua DPR RI (2019-2024).

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan nomor urut 1 memiliki Visi “Indonesia Adil Makmur Untuk Semua”, dengan Misi sebagai berikut:
1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air.
2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global.
3. Mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang.
4. Membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan dan saling memajukan.
5. Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berahlak dan berbudaya.
6. Mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa.
7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah global untuk mewujudkan kepentingan nasional dan perdamaian dunia.
8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.



Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 yang di usung oleh partai politik Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB dan Garuda. Calon presiden H. Prabowo Subianto lahir di Jakarta 17 Oktober 1951 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Presiden Direktur PT. Kertas Nusantara (2001-2009), Presiden Direktur PT. Nusantara Energy (2002-2019), Menteri Pertahanan RI (2019-2024. Sedangkan sebagai pasangannya atau calon wakil presiden adalah Gibran Rakabuming Raka yang lahir di Surakarta 1 Oktober 1987 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Komisaris Utama PT. Pemuda Cari Cuan (2019-2024), Walikota Surakarta (2021-2024).

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan nomor urut 2 memiliki Visi “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045”, dengan Misi sebagai berikut:
1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM).
2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi syariah, ekonomi digital, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.
3. Melanjutkan pengembangan infrastruktur dan meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif serta mengembangkan agro maritime industri di sentra produksi melalui peran aktif koperasi.
4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda (generasi milenial dan generasi z), dan penyandang disabilitas.
5. Melanjutkan hilirisasi dan mengembangkan industri berbasis sumber daya alam untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi, dan pemberantasan kemiskinan.
7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi, narkoba judi, dan penyelundupan.
8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya, serta meningkatkan toleransi antar umat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.



Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 yang di usung oleh partai politik PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo. Calon presiden H. Ganjar Pranowo S,H., M.I.P. lahir di Karanganyar 28 Oktober 1968 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Anggota Komisi IV DPR RI (2004-2009), Wakil Ketua Komisi II DPR RI (2009-2013), Gubernur Jawa Tengah (2013-2023). Sedangkan sebagai pasangannya atau calon wakil presiden adalah Prof. Dr. H. Mahfud MD yang lahir di Sampang 13 Mei 19857 dengan riwayat pekerjaan atau karier sebagai Ketua MK RI (2008-2013), Anggota Dewan Penyantun Universitas Negeri Sebelas Maret (2014-2023), Menko Polhukam RI (2019-saat ini).

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan nomor urut 3 memiliki Visi “Gerak Cepat Menuju Indonesia Unggul”, dengan Misi sebagai berikut:
1. Manusia Indonesia yang sehat, terdidik, dan sejahtera.
2. Indonesia unggul dalam bidang inovasi dan teknologi.
3. Ekonomi yang tangguh dan berdikari.
4. Hilangnya kemiskinan dan ketimpangan antar wilayah dari akarnya.
5. Ekosistem digital yang mengutamakan akses internet cepat dan terjangkau.
6. Pembangunan ekonomi yang memperhatikan kelestarian lingkungan.
7. Demokrasi terjaga melalui pemberantasan korupsi dan pemerintah inklusif berlandaskan supremasi hukum.
8. Indonesia bangsa terhormat di kancah internasional, serta pertahanan yang tangguh dan modern.

demikian adalah profil sekaligus misi dan visi dari masing-masing pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024. Jangan lupa 14 Februari 2024 datang ke TPS untuk mencoblos dan menentukan masa depan pemimpin bangsa Indonesia lima tahun kedepan.

0 Response to "Profil Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel