Teknologi Canggih Pada Lensa Mata Buatan

Ilustrasi Lensa Buatan

Para peneliti yang berasal dari Harvard berhasil mengembangkan lensa jenis baru yang di klaim lebih memiliki banyak fungsi ketimbang mata manusia. Kemampuan ini dimungkinkan karena lensa yang dibuat secara artificial lebih compact dalam segi desain.

Lensa yang dikembangkan oleh para peneliti Harvard ini tidak hadir dengan ketebalan layaknya lensa spherical lainnya. Lensa ini mampu melakukan fokus secara real time berkat adanya otot elastomer. Lensa ini memiliki kemampuan yang tidak mampu dimiliki mata manusia, seperti menyesuaikan titik fokus (astigmatisma) dan mendeteksi pergeseran gambar. Dua hal inilah yang membuat penglihatan menjadi kabur.

Astigmatisma sendiri merupakan ketidakmampuan mata untuk menyesuaikan fokus benda pada retina. Hal ini mungkin terjadi karena teknologi yang dikembangkan para peneliti tersebut.

Desain mendatar yang digunakan mata buatan baru ini disebut metalens. Desain ini menggunakan struktur nano kecil untuk memfokuskan cahaya. Dengan cara ini, lensa tradisional dapat menggunakan banyak elemen untuk mencapai hasil yang sama. Karena hal itulah lensa tradisional lebih tebal ketimbang lensa jenis baru ini.

Para peneliti Harvard menggabungkan teknologi otot buatan dengan metalens untuk menciptakan tunable metalens yang mampu mengubah fokus secara real time, seperti mata manusia.

0 Response to "Teknologi Canggih Pada Lensa Mata Buatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel