Jaminan Istana di Surga dan Tidak Tersentuh Api Neraka

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Anna Zaiimum Bibaytiin Fii Robatil Jannah Liman Tarokal Miroo’a Waingkaana Muhiqqon Wa Bibaytiin Fii Wasatil Jannah Liman Tarokal Kadziba Wa Ingkaana Maa Zahan Wa Bbaytiin Fii A’lal Jannah Liman Khassana Khulqoh.

Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surge bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surge yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Daud dari Abu Umamah)

Menurut Rosulullah SAW, setiap orang kelak akan ‘mampir’ di neraka. Sebagian yang mampir akan diangkat dan meneruskan ke surga dan ada pula yang selamanya di neraka.

Ada beberapa golongan yang tidak akan disentuh oleh api neraka, sebagaimana hadits Rosulullah SAW berikut ini.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rosulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda,

Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tesentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rosulullah!” Beliau menjawab:”(Yang haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban, Di shahihkan Al-Albani).

Berikut penjelasan dari Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl:

1. Hayyin
Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat seta teduh jiwanya.

2. Layyin
Orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri. Tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. Tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesame manusia.

3. Qarib
Akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Wajah yang berseri-seri dan murah senyum jika bertemu serta selalu menebar salam.

4. Sahl
Orang yang tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah.

0 Response to "Jaminan Istana di Surga dan Tidak Tersentuh Api Neraka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel